ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN JAKARTA REGENCY DI SAMARINDA

RICKA PURNOMO PUTRI

Abstract


Investasi adalah suatu komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan dimasa yang akan datang. Investasi dapat dikaitkan dengan berbagai macam aktivitas. Menginvestasikan sejumlah dana pada asset real (tanah, emas, mesin atau bangunan) maupun aset finansial (deposito, saham atau obligasi) merupakan aktivitas investasi yang pada umumnya dilakukan.

Tujuan Penelitian adalah untuk Mengetahui bagaimana studi investasi pembangunan kawasan perumahan Jakarta Regency Dan Mengetahui kelayakan investasi pembangunan perumahan Jakarta Regency, dengan menggunakan metode Payback Priode, NPV, dan IRR.

Hasil penelitian menggunakan metode Payback Priode ( PP) atau jangka waktu yang dibutuhkan untuk menutup kembali pengeluaran investasi, didapat hasilnya ialah 3 tahun. Berdasarkan metode Payback Priode maka proyek ini layak karena waktu pengembalian Investasi lebih cepat dibandingkan jangka waktu pinjaman selama 4 tahun 3 bulan, maka proyek investasi ini Layak. Kemudian dari hasil perhitungan NPV didapatkan NPV positif yaitu sebesar Rp. 1.295.232.600. Dengan nilai NPV positif, maka nilai proyek Investasi ini pun layak dari hasil perhitungan NPV. Dari hasil perhitungan IRR sebesar 12,79% lebih tinggi dari tingkat suku bunga yaitu 12,0% yang berarti nilai ini lebih besar dari suku bunga yang digunakan maka proyek investasi ini layak. Dari hasil analisis kelayakan investasi proyek pembangunan perumahan Jakarta Regency Di Samarinda ialah Layak untuk dilakukan.


Keywords


Investasi, Payback Priode, NPV, IRR

Full Text:

pdf

References


 Tandelilin Eduardus. “Portofolio dan investasi” Edisi Pertama. Kanisius: Yogyakarta 2009.

 Murtiningsih, N. G. “Peluang Bisnis” Edisi Keempat. Imam Nurmawan [penerjemah]. Erlangga, Jakarta 2003.

 Diredja, T.G. 2007 “Fakto-faktor dalam Desain Perumahan”. http:www.btn.co.id [25 Juni 2013].

 Anton Nur Abdi. “Studi Kelayakan Investasi Properti Proyek Pembangunan Perumahan Citra Alam Mandiri Sukoharjo”. Skripsi Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret. Surakarta 2012.

 Suliyanto. (2010). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Andi.

 Kuswadi. 2007. Analisa Keekonomian Proyek. Yogyakarta: Penerbit Andi.

 Bambang, Riyanto. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi keempat, Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: BPFE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012