PERENCANAAN KANTOR OPERASIONAL DAN BANGUNAN PENUNJANG GALANGAN KAPAL DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN KONTEMPORER

RAVI YUNANDAR

Abstract


Penelitian ini bertujuan merancang bangunan penunjang dan fasilitas galangan kapal di Samarinda Dengan Pendekatan Arsitektur  Modern Kontemporer,  dengan merencanakan bangunan kantor operasional, Mess karyawan, Musholla, QSHE dan Medis, Kantin dan Pos Security di galangan kapal yang sesuai dengan standar safety K3 di Samarinda, serta merencanakan Galangan kapal yang mampu menjadi contoh baik untuk desain galangan kapal di samarinda dan terbangunnya suatu galangan kapal dengan fasilitas penunjang yang memadai. Atas dasar inilah Kalimantan Timur khususnya daerah Samarinda mempunyai potensi dalam memajukan perekonomian dalam bidang perkapalan karena sepanjang sungai Mahakam merupakan tempat rute perekonomian dalam hasil alamnya yang bermacam-macam salah satunya batubara dan kayu. Hal inilah yang menjadi alasan untuk mendirikan galangan kapal di wilayah Samarinda.


Keywords


Galangan Kapal

Full Text:

Doc

References


*18)Sumber:https://pixabay.com/en/bangunan//sketsa/?cat=buildings

*25) Sumber : Wacius Wong, beberapa asas merancang trimatra, hal 33

*32)(Palmer, 1981, Hal 7)

*33) https:// mahasiswaarsitektur.wordpress.com.

*81)http://images.google.co.id/imgres?imguhttp://wb9.itrademarket.com

*Burl E. Dishongh; alih bahasa, Pariatmo; editor, H.M. Wibi Hardani. Pokok-pokok teknologi struktur untuk konstruksi & arsitektur. Jakarta; Erlangga, 2003

*Francis D.K. Ching; alih bahasa, Ir. Paulus Hanoto Adjie. Arsitektur : Bentuk Ruang & Susunannya. Jakarta; Erlangga, 1996

*http://nalendro81.blogspot.co.id/2015/01/bagin-bagian-kapal.html

*https://www.facebook.com/vore.castle.7/posts/146804938795001

*https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Mahakam

*https://hadi029.wordpress.com/2011/01/04/lebar-sungai-mahakam-menyusut-hingga-ratusan-meter/

*Peraturan menteri perhubungan tentang penyelenggaraan dan pengusahaan pengelolaan kapal PP No. 51 Tahun 2002 (Ship Management)

*UErnst Neuferst; alih bahasa, Sunarto Tjahladi; editor, Purnomo Wahyu lndarto Data Arsitek., - Cet. 1. -- Jakarta; Erlangga, 1996.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012