EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA PERSIMPANGAN JALAN KYAI HAJI AHMAD DAHLAN - JALAN BASUKI RAHMAT - JALAN IMAM BONJOL - JALAN ARIEF RAHMAN HAKIM KOTA SAMARINDA

EF ENDY

Abstract


Kondisi lalu lintas di Kota Samarinda khususnya di persimpangan jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan – jalan Basuki Rahmat – jalan Imam Bonjol – jalan Arief Rahman Hakim saat ini dikatakan crowded (Padat), namun sudah terjadi kemacetan, tundaan dan antrian yang lumayan cukup lama dibeberapa persimpangan jalan yang ada terutama pada jam-jam sibuk (pada jam pergi dan pulang sekolah atau jam berangkat dan pulang kerja). Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan kota serta laju penduduk. Studi yang dilakukan pada penelitian ini bersifat riset dengan tujuan untuk menghitung waktu siklus, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan panjang antrian pada jam puncak, yaitu dengan cara melakukan survey selama 4 hari (dimulai dari Pagi jam 07.00 – 09.00, Siang jam 11.00 – 13.00 dan Sore jam 16.00 – 18.00) yang mana dari survey ini didapatkan data lalu-lintas, traffic light, hambatan samping serta data geometrik jalan. Dalam pengolahan data dilakukan dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan analisis perhitungan dengan metode MKJI’97 didapat waktu optimal traffic light, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan panjang antrian pada persimpangan tersebut, adalah sebagai berikut: 1. Waktu optimal traffic light (Hijau) pada persimpangan tersebut 28 detik, Waktu optimal traffic light (Kuning) pada persimpangan tersebut 3 detik, Waktu optimal traffic light (Merah) pada persimpangan tersebut 132 deti. 2. Kapasitas jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan 684,9 smp/jam, jalan Basuki Rahmat 684,9 smp/jam, jalan Imam Bonjol 821,9 smp/jam, jalan Arief Rahman Hakim 821,9 smp/jam. 3. Derajat Kejenuhan jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan 0,763, jalan Basuki Rahmat 0,552, jalan Imam Bonjol 0,484, jalan Arief Rahman Hakim 0,424. 4. Panjang Antrian jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan 85 m, jalan Basuki Rahmat 21,67 m, jalan Imam Bonjol 25 m, jalan Arief Rahman Hakim 68 m. 5. Tundaan jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan 10921,35 det.smp, jalan Basuki Rahmat 7534,64 det.smp, jalan Imam Bonjol 8656,03 det.smp, jalan Arief Rahman Hakim 7904,19 det.smp.

Keywords


Analisa Kapasitas, Tingkat Pelayanan, MKJI 1997

Full Text:

pdf

References


Direktorat Jendral Bina Marga,

Juni 1997, MKJI (Manual

Kapasitas Jalan Indonesia), Departemen Pekerjaan Umum.

Alamsyah, Alik, 2005, Rekayasa

Lalu Lintas, Universitas

Muhammadiyah Malang, Malang

Chitra, A.S. 2008. Analisis

Koordinasi Sinyal Antar Simpang. (Studi Kasus Pada Simpang Jl.

Merdeka – Jl. RE. Martadinatadan

Jl. Merdeka – Jl. Aceh Kota

Bandung).

Lasthreeida J.H, Medis Surbakti,

Evaluasi Kinerja Simpang

Bersinyal.

Febriana Ramadhani, Widarto

Sutrisno, Iskandar Yasin, Analisa

Kinerja Simpang Bersinyal Pingit

Yogyakarta.

Sefry Putera Tianer, Yosi Alwinda,

Analisis Kinerja Bersinyal Pada

Persimpangan (Tiga Lengan) Jalan

Sm Amin - Jalan Hr Soebrantas Di

kota Pekanbaru.

Lamhot Hasudungan Sariaman

Sitanggang, Joni Harianto, Analisis

Kinerja Simpang Bersinyal.

Rizki Budi Utomo, Raafi

Widyaputra Yulianyahya, Miftahul

Fauziah, Evaluasi Perilaku Lalu

Lintas Pada Simpang Dan

Koordinasi Antar Simpang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012