STUDI KEBUTUHAN AIR BERSIH DI WILAYAH PELAYANAN PDAM CABANG GUNUNG LINGAI KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

AR IS

Abstract


Air merupakan kebutuhan primer bagi manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, maka dari itu penyediaan air bersih bagi masyarakat harus dilakukan demi terpenuhinya kebutuhan hidup masyarakat, begitu juga halnya di daerah wilayah pelayanan PDAM Cabang Gunung Lingai kota samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Air yang didistribusikan oleh pihak terkait belum dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, oleh karena itu saat PDAM Gunung Lingai melakukan sistem buka tutup. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan penambahan kapasitas produksi air bersih.

Untuk daerah mugirejo, didapatkan data jaringan pipa 9778 meter, pipa yang akan di gunakan yaitu pipa PVC dengan diameter 254 mm, dengan tingkat kekasaran sebesar 150, berdasarkan hitungan dengan menggunakan kebutuhan air jam puncak.

Hasil perhitungan dan analisa kebutuhan air bersih harian maksimum untuk daerah mugirejo Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2028 sebesar 29,41 liter/detik, kebutuhan air normal sebesar 25,57 liter/detik, dan kebutuhan air pada jam puncak tahun 2028 sebesar 44,75 liter/detik.

Dari hasil analisa perhitungan pipa distribusi utama diperlukan kecepatan aliran dalam pipa sebesar 0,882 liter/detik untuk kebutuhan air bersih dapat terpenuhi ke rumah – rumah penduduk.

Untuk secara umum wilayah pelayanan, didapatkan data panjang jaringan pipa di Jalan D.I Panjaitan yaitu 2439 meter, pipa yang akan di gunakan yaitu pipa dengan diameter 660,4 mm, dengan tingkat kekasaran sebesar 130, berdasarkan hitungan dengan menggunakan kebutuhan air normal.

Hasil perhitungan dan analisa kebutuhan air bersih harian maksimum untuk wilayah yang dilayani oleh PDAM Cabang Gunung Lingai Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2028 sebesar 444,1 liter/detik, kebutuhan air normal sebesar 387,17 liter/detik, dan kebutuhan air pada jam puncak tahun 2028 sebesar 619,94 liter/detik.

Dari hasil analisa perhitungan pipa distribusi utama diperlukan kecepatan aliran dalam pipa sebesar 1,101 liter/detik sehingga kebutuhan air bersih dapat terpenuhi ke rumah - rumah penduduk.

Keywords


kebutuhan air bersih, harian maksimum, jam puncak, Pipa

Full Text:

doc XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012