PERHITUNGAN PRODUKSI ALAT BERAT PADA PELAKSANAAN PEKERJAAN PERBAIKAN JALAN SUNGAI AMPAL BALIKPAPAN

DOMINGGUS REZA PRAKOSO

Abstract


ABSTRAK

Dinamika perkembangan dan pembangunan Kota Samarinda serta perkembangan penduduk dan ekonomi Kota Samarinda yang sangat cepat, menuntut adanya kebutuhan prasarana dan sarana Kota yang semakin kompleks dan mendesak salah satunya adalah prasarana pendidikan.

Bangunan Sekolah SMPN I dan SMAN I Terpadu Samarinda yang terletak pada persimpangan Jalan Awang Long dan Jalan Basuki Rahmat juga terdapat Kantor Polisi Kota Besar Samarinda serta pemukiman yang berdiri sejak lama, secara teknis kondisi tersebut telah mengurangi Rumija (Ruang Milik Jalan) dan tidak dapat dilakukan pengembangannya.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Pemerintah Kota Samarinda cq. Dinas Pemukiman dan Pengembangan Kota Samarinda, Sub Dinas Perencanaan dan Penataan Ruang telah mengalokasikan dana untuk Relokasi Bangunan SMPN I dan SMAN I Terpadu Samarinda ke koridor Jalan Kadrie Onieng Kelurahan Air Hitam Kota Samarinda, yaitu kegiatan Pembangunan SMPN I dan SMAN I Terpadu Samarinda.

Oleh karena lokasi yang direncanakan untuk pembangunan SMPN I dan SMAN I Terpadu Samarinda tersebut merupakan lokasi baru yang merupakan daerah perbukitan dan ditumbuhi semak belukar, maka perlu dilakukan   pekerjaan pematangan lahan.

Dalam pelaksanaan Pematangan Lahan Pembangunan SMPN I dan SMAN I Tepadu Samarinda, sangat diperlukan pemakaian alat berat, sehingga pelaksanaan pekerjaan dapat sesuai dengan target yang telah ditentukan, dan penggunaan alat berat harus direncanakan secara baik dan cermat, sehingga tepat penggunaannya, optimal produksinya dan adanya efisiensi biaya peralatan.


Keywords


Perhitungan Produksi Alat Berat Perbaikan Jalan Sungai Ampal

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012