PERENCANAAN SAMARINDA CULTURAL CENTER DENGAN PENERAPAN ARSITEKTUR NEO VERNACULAR

OVAN AKBARTUS RAHEL

Abstract


Samarinda Cultural Ceneter  adalah sebuah tempat serta sarana dan prasarana informasi budaya serta edukasi budaya  khusus nya Di kota Samarinda. Penting nya pembangunan Samarinda Culural center untuk lebih mengenalkan kembali budaya-budaya yang ada di Samarinda yang kini sedikit demisedikit telah ditinggalkan generasi muda sekarang. Dalam hal ini kurangnya bengunan2 dan tempat-tempat budaya yang memiliki fasilitas dengan pendekatan yang dibutuhkan serta disenangi anak muda generasi sekarang . Lokasi yang akan direncanakan untuk Cultural Center ini  yaitu pada jalan Kadrie Oening Kota Samarinda  sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Samarinda dimana untuk bangunan sistem pendidikan dan budaya terletak di Kota Samarinda . Cultural Center dengan pendekatan Arsitektur Neo Vernacular tersebut dikaitkan dengan fisik pada Cultural Center dengan adanya fasilitas-fasilitas penunjang yang dapat memudahkan minat pengunjung akan ketertarikan terhadap bangunan-bangunan budaya. Serta sebagai salah satu tempat alternatif wisata budaya yang ada di Samarinda.


Full Text:

doc

References


- Dr. Ing Sunarto Tjahjadi (1996). Ernst Neufert Data Arsitek Jilid 1 Edisi 33 Ahli Bahasa Sunarto Tjahjadi. Editor Purnomo Wahyu Indarto. Jakarta : Erlangga, 1996.

- Dr. Ing Sunarto Tjahjadi (2002). Ernst Neufert Data Arsitek Jilid 2 Edisi 33 Ahli Bahasa Sunarto Tjahjadi, Ferryanto Chaidir. Editor Wibi Hardani. Jakarta : Erlangga, 2002.

- James Thoengsal, S.T., M.T., IPP E-Journal: Dep. Teknik Sipil, Universitas Teknologi Sulawesi (UTS). Tentang Utilitas Bangunan Gedung. Makassar.

- Joseph De Chiara. Time Server Standards For Building Types 2nd Edition. Editor John Hancock Callender. Anotasi Hak Cipta Buku Berita. Inc.Portland.

- N.Rozan E-Journal: Arsitektur, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Perpustakaan. Tetang Pondok Pesantren. Malang : 2013.

- Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Samarinda Tahun 2014-2034. Samarinda 2014.

- Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 05/PRT/M/2008 Tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfataan Ruang Terbuka Hijau Di Kawasan Perkotaan. Jakarta Selatan : 2008.

- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 Tanggal 28 Juni 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Madrasah Pendidikan Umum.

- Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Nomor 144/C/KP/2015 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan Dasar Tahun Anggaran 2015.

- Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

- Sriti Mayang Sari E-Journal: Dosen Jurusan Desain Interior, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Surabaya. Tentang Aplikasi Pengaruh Islam Pada Interior Rumah Bubungan Tinggi di Kalimantan Selatan. Surabaya.

- Sherly Melinda E-Journal: Mahasiswa Jurusan Desain Interior, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Surabaya. Tentang Aplikasi Pengaruh Islam Pada Interior Rumah Bubungan Tinggi di Kalimantan Selatan. Surabaya.

- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012