ANALISA KONTRUKSI PEKERASAN LENTUR DAN PEKERASAN BETON SEMEN PADA PENINGKATAN RUAS JALAN PAHLAWAN KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG

I NYOMAN DIANTARA PIKA

Abstract


Perkerasan jalan adalah campuran agregat dan bahan pengikat yang digunakan untuk melayani beban lalu lintas. Agregat yang dipakai adalah berupa batu pecah dan batu belah. Bahan pengikat yang dipakai adalah berupa aspal, semen dan tanah liat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa tebal pekerasan jalan yang ideal dilakukan di ruas Jalan Pahlawan Kecamatan Tenggarong Seberang. Kinerja perkerasan jalan dilihat dari kemampuan perkerasan itu menerima beban berulang yang bekerja di atasnya. Setiap kali muatan lewat, terjadi deformasi pada permukaan perkerasan. Perhitungan tebal perkerasan lentur pekerasan  beton semen selama umur rencana 10 tahun, menggunakan Metode Komponen 1987  atau Pd T-14-2003. Hasil penelitian di dapat tebal perkerasan lentur di dapat tebal lapisan pondasi bawah menggunakan aggregat klas B dengan tebal 20 cm, lapisan pondasi atas menggunakan aggregat klas A dengan tebal 10 cm, lapisan permukaan menggunakan asbuton (AC-BC) dengan tebal 5 cm. Dari hasil perhitungan tebal perkerasan kaku di dapat tebal lapisan, lapisan perkerasan beton semen dengan beton K-300 dengan tebal 20 cm.


Keywords


Metode Komponen, aspal, semen dan tanah liat

Full Text:

doc

References


Ir. Nyoman Suaryana, MSc. Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) tahun 2001

Ari Suryawan. 2005. Susunan Lapisan Perkerasan Kaku.

Anas Ali, M., 2000, modul kursus singkat pekerasan beton semen, pengembangan jalan Indonesia.

Anonymus, Penataran Perencanaan Geometrik jalan Raya, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta, 1970.

Anonymus, Rekayasa Lalulintas Angkatan I, Penataran Dosen Perguruan Tinggi Swasta ITB.

Perbandingan Perkerasan Kaku Dan Perkerasan Lentur I Gusti Agung Ayu Istri Lestari 2013.

Departemen Pekerjaan Umum, 2012,Perkerasan Lentur

http//www.google.com/search?q=perkerasankaku & ie=utf 8 & aq = t&rls = org. mozilla : id : official8

Departemen Pekerjaan Umum, 2012, Perkerasan kaku

http//www.google.com/search?q=perkerasankaku&ie=utf8&aq=t&rls=org.mozilla:id:official8

Alamsyah Alik Ansyori, 2006.Rekayasa Jalan Raya, UMM Press, Malang.

Saodang Hamrhan, 2004, Konstruksi Jalan Raya, Nova, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012