ANALISA KONTRUKSI PEKERASAN LENTUR DAN PEKERASAN BETON SEMEN PADA PENINGKATAN RUAS JALAN PAHLAWAN KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG
Abstract
Perkerasan jalan adalah campuran agregat dan bahan pengikat yang digunakan untuk melayani beban lalu lintas. Agregat yang dipakai adalah berupa batu pecah dan batu belah. Bahan pengikat yang dipakai adalah berupa aspal, semen dan tanah liat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa tebal pekerasan jalan yang ideal dilakukan di ruas Jalan Pahlawan Kecamatan Tenggarong Seberang. Kinerja perkerasan jalan dilihat dari kemampuan perkerasan itu menerima beban berulang yang bekerja di atasnya. Setiap kali muatan lewat, terjadi deformasi pada permukaan perkerasan. Perhitungan tebal perkerasan lentur pekerasan beton semen selama umur rencana 10 tahun, menggunakan Metode Komponen 1987 atau Pd T-14-2003. Hasil penelitian di dapat tebal perkerasan lentur di dapat tebal lapisan pondasi bawah menggunakan aggregat klas B dengan tebal 20 cm, lapisan pondasi atas menggunakan aggregat klas A dengan tebal 10 cm, lapisan permukaan menggunakan asbuton (AC-BC) dengan tebal 5 cm. Dari hasil perhitungan tebal perkerasan kaku di dapat tebal lapisan, lapisan perkerasan beton semen dengan beton K-300 dengan tebal 20 cm.
Keywords
Full Text:
docReferences
Ir. Nyoman Suaryana, MSc. Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) tahun 2001
Ari Suryawan. 2005. Susunan Lapisan Perkerasan Kaku.
Anas Ali, M., 2000, modul kursus singkat pekerasan beton semen, pengembangan jalan Indonesia.
Anonymus, Penataran Perencanaan Geometrik jalan Raya, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta, 1970.
Anonymus, Rekayasa Lalulintas Angkatan I, Penataran Dosen Perguruan Tinggi Swasta ITB.
Perbandingan Perkerasan Kaku Dan Perkerasan Lentur I Gusti Agung Ayu Istri Lestari 2013.
Departemen Pekerjaan Umum, 2012,Perkerasan Lentur
http//www.google.com/search?q=perkerasankaku & ie=utf 8 & aq = t&rls = org. mozilla : id : official8
Departemen Pekerjaan Umum, 2012, Perkerasan kaku
http//www.google.com/search?q=perkerasankaku&ie=utf8&aq=t&rls=org.mozilla:id:official8
Alamsyah Alik Ansyori, 2006.Rekayasa Jalan Raya, UMM Press, Malang.
Saodang Hamrhan, 2004, Konstruksi Jalan Raya, Nova, Bandung
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012