ANALISA PERBANDINGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DALAM PEMILIHAN RUTE PERJALANAN (Lokasi Studi : Terminal Lempake - Terminal Sungai Kunjang

MUHAMMAD HARDI YANTO

Abstract


Dalam pemilihan rute ada beberapa hal yang mengakibatkan sering terjadinya kemacetan lalu lintas yang terlihat jelas dalam bentuk antrian panjang, tundaan, dan juga polusi suara maupun udara. Masalah kemacetan pada lalu lintas jelas akan menimbulkan kerugian yang sangat besar pada angkutan umum, terutama dalam hal waktu penundaan yang terlalu lama membuat waktu tempuh perjalanan angkutan umum dari suatu tempat ke tempat yang lainnya menjadi sangat lambat, peningkatan pemakaian bahan bakar yang akan mempengaruhi naiknya biaya operasional kendaraan, dan juga ketidaknyamanan. Pemilihan rute Terminal Bus Lempake – Terminal Bus Sungai Kunjang masyarakat lebih memilih R1 dibandingan R2 karena sudah terbiasa dan dianggap rute terpendek, padahal belum tentu R1 tersebut optimal dari segi waktu tempuh. Sebagai contoh, terkadang rute yang pendek mempunyai tingkat kemacetan da n k er u sa k an j al a n yang lebih tinggi sehingga waktu tempuh lebih lama dibanding rute yang sedikit lebih panjang tetapi tingkat kemacetan lebih rendah. Dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis BOK kendaraan pada pemilihan rute, berdasarkan hasil dari analisis perbedaan waktu tempuh pada R1 arah berangkat 24,15 menit dengan kecepatan 41,83 km/jam, sedangkan R1 arah balik 23,87 menit dengan kecepatan 42,31 km/jam, pada R2 arah berangkat 21,05 menit dengan kecepatan 42,53 km/jam, sedangkan R2 arah balik 22,68 menit dengan kecepatan 40,21 km/jam. Perbedaan biaya operasioanal kendaraan pada rute terminal lempake - terminal sungai kunjang berdasarkan hasil analisis R1 dengan panjang jalan 16,83 km pada arah berangkat Rp. 290.728 sedangkan R1 arah balik Rp. 288.566, dan R2 dengan panjang jalan 14,92 km pada arah berangkat Rp. 256.110 sedangkan R2 dengan panjang 15,19 pada arah balik Rp. 270.522

Keywords


LHR, Waktu Perjalanan, Kecepatan Kendaraan, BOK

Full Text:

pdf

References


Anonim, 1990. Pandua Survey Dan Perhitungan

Waktu Perjalanan Lalu Lintas, Departemen

Pekerjaan Umum, Jakarta.

Anonim, 2000. Metode Perhitungan Biaya

Operasianal Kendaraan, Pacific Consultant

International (PCI).

Anonim, 2005. Pedoman Pehitungan Biaya

Operasional Kendaraan, Departemen PU, Jakarta.

Google Maps, 2019. Gambar Rute Perjalanan

/01/2019 Samarinda.

Google,https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Samarinda

, luas wilayah samarinda dan jumlah penduduk.

Grigg, N 1988 Infrastructure Engineering and

Management, John Wiley & Sons.

Ismiyati, 2014. Analisa Perbandingan Biaya

Operasional Kendaraan (BOK) Jalan Lingkar

Ambarawa Dan Jalan Eksisting, Universitas

Diponegoro, Semarang.

LAPI ITB ,1997. Perhitungan Besar Keuntungan

Biaya Operasi Kendaraan (BKBOK) PT. Jasa

Marga, Bandung.

Manual Kapasitas Jalan Indonesia, (MKJI).

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat

Bina Marga036/TBM/1997.

Pacific consultan International ( PCI ). Studi

kelayakan jalan bebas hambatan intra urban.

Tahun 1979.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012