ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI PADA TERMINAL PASAR PAGI KOTA SAMARINDA

HAIDIR ALI

Abstract


Aangkutan umum merupakan sarana transportasi yang sangat di butuhkan masyarakat, terutama sebagian besar masyarakat yang berpengasilan menengah kebawah sebagi penunjang kegiatanya sehari - hari. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pengguna moda, menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi suatu pemilihan moda, serta memperoleh model pemilihan moda yang dapat menjelaskan perilaku pelaku memilih moda, khususnya pengguna moda Angkutan Umum (angkot) dan Mobil transportasi online di area Terminal pasar pagi untuk melakukan perjalanan pasar pagi - smpaja - bayur. Data diperoleh dari kuesioner yang didesain dengan teknik stated preference, kemudian di uji statistik menggunakan SPSS 21, 2019, dan diolah untuk mendapatkan model pemiliha moda,. Model pemilihan moda yang digunakan adalah model logit-biner-selisih. Dari hasil uji statistik di ketahui bahwa variable jumlah perjalanan dalam 1 tahun, pekerjaan pengguna moda angkot didominasi oleh ibu rumah tangga dengan presentase 37,09%, mobil transportasi online didominisi karyawan swasta dengan presentase 24,19%. Jenis kelamin pengguna moda angkot didominasi kepada perempuan dengan presentase 56,46%, sedangkan pengguna mobil transportasi online penumpang laki-laki dengan presentase 56,46%. Latar belakang/alasan pengguna bus didominasi oleh alasan faktor kenyamanan dengan presentase 35,48%, sedangkan untuk pengguna mobil transportasi online memilih faktor kecepatan/waktu dengan presentase 32,25%. Tujuan berangkat pengguna angkot berlibur/rekreasi dengan presentase 56,46%. , Sedangkan pengguna mobil transportasi bisnis/bekerja dengan presentase 56,45% . Biaya perjalanan pengguna angkot didominasi dengan biaya Rp. 10.000/orang dengan presentase 72,58%, Sedangkan pengguna mobil transportasi online didominasi dengan biaya Rp.43.000/orang dengan presentase 72,58%. Waktu untuk menuju terminal pengguna moda angkot dengan waktu 31-40 menit dengan presentase (34,62%), Sedangkan pengguna mobil transportasi waktu untuk menuju terminal 31-40 menit sebesar (48,39%). Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan untuk pengguna moda angkot didominasi dengan 45 menit waktu perjalanan dengan presentase(56,46%), Sedangkan untuk pengguna mobil transportasi online didominasi dengan 40 menit waktu perjalanan dengan presentase (59,67%). Probabilitas (proposi) orang akan menggunakan angkutan umum (angkot) sebesar 11,4%, sedangkan probabilitas (proposi) orang akan menggunakan Mobil transportasi online sebesar 88,6%

Keywords


pemilihan moda, uji statistik, model logit-biner-selisih

Full Text:

pdf

References


Amudi Pasaribu, Dr. 1965. Pengantar Statistik, Medan : Imbalio

Bowersox, C. (1981). Inroduction to Transportation. New York : Macmillan Publishing Co, Inc.

Harries, S, (1976). State-Of-The-Art-Review Of Urban Transportation Concepts And Public

Attiudes. Us Dapertement Of Transportation, Washington.

Jones, N.R. (1997). Uses of Gelatin in Edible Products. In : Ward, A,G. And A.Courts. 1977. The

Science and Technology of Gelatin. Academi Press, Medan.

Marlok, Edward K., (1998). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi (terjemahan

Johan K. Hainim), Penerbit Erlangga Jakarta.

Marlok, Edward K., (1984). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi Penerbit Erlangga

Jakarta.

Miro, Fidel., (2002). Perencanaan Transportasi. Erlangga, Jakarta.

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta : PT. Ghalia Indonesia.

Papacostas, C.S. Prevedous P.D. (1987). Tranportation Engineering and Planning. New Jersey :

nd edition. Prentice-Hall Inc.

Setijowarno, Djoko. R.B. Frazila, (2001). Pengantar Sistem Transportasi. Semarang : Universitas

Katolik Soegijapranata.

Steenbrink. (1974). Optimization of Transport Networks. Tugas Akhir Universitas Jendral

Soedirman, Purwokerta.

Tamin, O.Z., (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Penerbit ITB, Bandung.

Warpani, Suwardjoko, (1990). Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung : Penerbit ITB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012