STUDI PERENCANAAN PEMELIHARAAN JALAN RIMBAWAN, JALAN ANGGUR, JALAN PRAMUKA, JALAN IR. SUTAMI, JALAN CENDANA DI KOTA SAMARINDA

WINALDI RATU

Abstract


Winaldi Ratu Studi Perencanaan Pemeliharaan Jalan Rimbawan, Jalan Anggur, Jalan Pramuka, Jalan Ir. Sutami, Jalan Cendana di Kota Samarinda dibawah bimbingan Musrifah Tohir, ST.,MT dan Robby Marzuki, ST.,MT Jalan adalah prasarana Transportasi Darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel. Karena begitu pentingnya fungsi jalan, maka agar fungsi dari jalan itu sendiri dapat dimaksimalkan oleh penggunanya diperlukan kondisi jalan yang baik. Penelitian ruas Jalan Rimbawan, Jalan Anggur, Jalan Pramuka, Jalan Ir. Sutami, Jalan Cendana ini menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode AASTHO 93, yang diuraikan berdasarkan jenis-jenis kerusakan jalan, tingkat kerusakan jalan, data CBR tanah dan data LHR. Dalam penelitian ini dapat dihasilkan penggolongan tingkat kerusakan pada setiap jalan seperti pada ruas jalan Rimbawan dengan nilai PCI 50 ( Cukup ) dan tebal lapis perkerasan AASTHO 93 yaitu 44 cm, Jalan Anggur dengan nilai PCI 46 ( Cukup ) dan tebal lapis perkerasan AASTHO 93 yaitu 84 cm, Jalan Pramuka dengan nilai PCI 47 ( Cukup ) dan lapis perkerasan AASTHO 93 yaitu 81 cm, Jalan Ir. Sutami dengan nilai PCI 0 ( Gagal ) dan lapis perkerasan AASTHO 93 yaitu 70 cm dan pada Jalan Cendana dengan nilai PCI 12 ( Sangat Jelek ) dan tebal lapis perkerasan AASTHO 93 yaitu 50 cm.

Keywords


Tingkat Kerusakan, Jenis Kerusakan, CBR Tanah, LHR, Perkerasan Lentur, Metode PCI, Metode AASTHO, RAB.

Full Text:

pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012