ANALISA WAKTU TEMPUH PERJALANAN KENDARAAN RODA DUA DI KOTA SAMARINDA

ASRI YANSYAH

Abstract


Waktu tempuh (Travel Time) adalah waktu rata-rata yang digunakan kendaraan untuk bepergian di ruas jalan dengan panjang tertentu, termasuk delay, downtime, waktu tempuh rata- rata kendaraan yang didapat dari membandingkan panjang ruas jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis waktu tempuh kendaraan ringan pada jaringan jalan arteri di Kota Samarinda. Data primer yang dibutuhkan adalah data kecepatan kendaraan per detik melalui survei langsung dengan menggunakan alat GPS (global positioning system). Sekunder adalah data pendukung yang meliputi lebar dan jumlah jalan dalam jaringan jalan yang disurvei. Dari penelitian dan analisis data diperoleh jalur perjalanan, fluktuasi kecepatan per detik, dan parameter pola pergerakan kendaraan, Ada dua variabel yang secara signifikan mempengaruhi waktu tempuh kendaraan. Kedua variabel ini menunjukkan tanda-tanda uji rasionalitas kesesuaian waktu tempuh Dimana peningkatan nilai variabelnya adalah lead time kendaraan positif akan bertambah, sedangkan kenaikan nilai variabel negatif menyebabkan waktu tempuh kendaraan akan berkurang

Keywords


Waktu Perjalanan

Full Text:

pdf

References


Black, J.A,1981. Perencanaan dan Permodelan Transportasi : Teori dan Praktek, London: Cromm Helm

Direktorat Jenderal Bina Marga,1997.Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).

Departeman Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga. Tata Cara Perencanaan Geometrik. Jakarta

Garmin International, 2009, GPSmap 76CSX With Sensors And Maps Owner’s

Manual. Kansas. USA. Direktorat Jendral Bina Marga,Direktorat pembinaan Jalan Kota (NO.001/T/BNKT/1990). Panduan Survei

dan Perhitungan Waktu Perjalanan lalu lintas. Jakarta

Rini Rahmawati,2015. Analisa Waktu Tempuh Kendaraan Roda Dua Pada Ruas Jalan Arteri Primer Kota

Samarinda

Irzal Sofyan, Syahril Efendi. 2016. Pemantauan Jarak Tempuh Kendaraan Menggunakan Modul General

Packet Radio Service (GPRS), Global Positioning System (GPS), dan Arduino.]

Nina Anindyawati, Eko Yulipriyono, Joko Siswanto, 2008. Analisis Hubungan Waktu Tempuh Dengan

Derajat Kejenuhan Ruas Jalan Perkotaan ( Studi Kasus: Kota Semarang)

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34, 2006

Repository.usu.ac.id, 2015. Analisis Regresi

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi., ITB, Bandung

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Barang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012