ANALISIS KERUSAKAN DAN STRATEGI PENANGANAN RUAS JALAN SULTAN SULAIMAN KOTA SAMARINDA

CANDRA WIBOWO

Abstract


Jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat berperan penting dalam mengalirkan arus lalu lintas. Saat ada ruas jalan yang terjadi kerusakan, maka akan berdampak yang cukup besar pada arus lalu lintas. Kerusakan jalan dapat dianalisis untuk mengetahui penyebab terjadinya dan alternatif penyelesainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan dan nilai kondisi perkerasan jalan sehingga dapat menentukan cara perbaikannya. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pavement Condition Index (PCI). berdasarkan nilai prioritas Direktorat Jenderal Bina Marga dan Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Jalan Propinsi. Penelitian dilakukan dengan mencari data primer dengan mengukur luasan masing-masing kerusakan dengan menggunakan mistar . Data sekunder didapat dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Propinsi Kalimantan Timur Bidang Bina Marga. Berdasarkan hasil evaluasi kondisi perkerasan jalan Sultan Sulaiman (Sta.0+000 sampai dengan Sta.9+000), Pavement Condition Index (PCI) sebesar 52,57 untuk rata-rata secara keseluruhan berdasarkan rating nilai PCI antara 41 s/d 55 dalam kondisi (sedang) dan nilai yang diberikan oleh Bina Marga sebesar 10 berdasarkan nilai prioritas bina marga antara 7 s/d 10 maka dilakukan pemeliharaan rutin.

Full Text:

pdf

References


AASHTO, 1986, Guide for Design of

Pavement Structures,

Washington DC

Agus Suwandi, Wardhani Sartono, Hary

Cristady H, Evaluasi

Tingkat Kerusakan Jalan

Dengan Methode

Pavement Condition Index

(PCI) untuk Menunjang

Pengambilan Keputusan

(Studi Kasus : Jalan

Lingkar Selatan,

Yogyakarta), Yogyakarta

Alik Ansyori Alamsyah, Ir., 2006 Rekayasa

Jalan Raya 2, Universitas

Muhammadiyah Malang

David H.

Penny,http://dilihatya.com

/1594/pengertianpenelitian-menurut-paraahli

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan

Perumahan Rakyat, 2017.

Peta Ruas Penanganan

Jalan Nasional,

Samarinda.

Giyatno, 2016. Analisis Kerusakan Jalan

Dengan Metode PCI

Kajian Ekonomis dan

Strategi Penanganannya,

,Universitas

Muhammadiyah

Surakarta, Surakarta.

Hardiyatmo, H. C. (2007), Pemeliharaan

Jalan Raya, Gadjah Mada

University Press,

Yogyakarta.

Manual Pemeliharaan Jalan No :

/MN/B/1983, Direktorat

Jenderal Bina Marga.

Muhadjir, Noeng. 1990. Metodologi

Penelitian Kualitatif,

Telaah Positivistik,

Rasoinalistik,

Phenomenologik,

Realisme Metaphisik.

Yogyakarta.

Pedoman tentang “Survei kondisi jalan

tanah dan atau kerikil”

adalah revisi dari SNI 03-

-1992, Tata cara

pelaksanaan survei

kondisi jalan tanah/kerikil.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia

Tentang Jalan No 34

tahun 2006

Roque R, Tia M, Ruth B.E., 1995

Characterization of

Flexible Pavement and

Analysis Methodes for

Determination of

Rehabilitation Needs,

Proc. The 2nd International

Conference on Rooad &

Airfield Pavement

Technology, Singapore, pp

-327.

Shahin, M.Y., 1994, Pavement Management

for airports, Roads,

Parking Lots, Chapman &

Hall, New York.

Silvia Sukirman, 1995, Perkerasan Lentur

Jalan Raya, Bandung .

Suryo Hapsoro Tri Utomo, Edisi Mei 2001,

Kajian Kondisi

Perkerasan Jalan Arteri di

Kabupaten Sleman

Menggunakan cara

Pavement Condition

Index, Media Teknik No.2

Tahun XXIII No. ISSN

-3012

Suwardo, ST, MT & Sugiharto, A,Md, 11

September 2004, Tingkat

Kerataan Jalan

Berdasarkan Alat Rolling

Straight Edge untuk

Mengestimasi Kondisi

Pelayanan Jalan (PSI dan

RCI), Simposium VII

FSTPT, Universitas

Katolik Parahyangan.

Syfa. 2008. Pengertian Flowchart

http://syifarahmaliya.blogspot.com.

Undang-undang Republik Indonesia Tentang

Jalan Nomor 38 tahun

Wikipedia. Kalimantan Timur ,

https://id.wikipedia.org/wi

ki/kalimantanTimur.

Wikipedia. Samarinda ,

https://id.wikipedia.org/wi

ki/Kota_Samarinda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012