PERHITUNGAN TEBAL LAPIS PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) PADA RUAS JALAN RING ROAD II SAMARINDA DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN

MUN TIYONO

Abstract


Posisi perkerasan Jalan didalam kontruksi Jalan Raya sangat sentral mengingat perkerasan adalah esensi didalam struktur jalan raya. Jalan Raya selalu menuntut keberadaan perkerasan yang kuat, tahan lama, nyaman, murah tepat sasaran dan banyak hal lagi. Ini semua merupakan indicator dari keinginan agar jalan raya berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk mendapatkan fungsi yang baik tentunya memerlukan dua hal yaitu perancangan yang sempurna dan keberhasilan pelaksanaan agar sesuai dengan rancangan.  dibukanya akses Jalan Ring Road II Samarinda yang merupakan jalan pendekat dari wilayah loa bakung  dari Jalan Jakarta menuju dalam Kota Samarinda yang melewati wilayah Loa Bahu dalam yang menembuskan langsung menuju Jalan Suryanata dan wilayah sekitar. Selain sebagai akses jalan pendekat dan membuka relokasi pedesaan pemerintah kota Samarinda berupaya dengan dibukanya Jalan Ring Road II Samarinda tersebut bisa mengurangi intensitas kemacetan di dalam Kota Samarinda. Pembukaan akses jalan ring road  II Samarinda sangatlah penting mengingat tingkat kemacetan di dalam Kota Samarinda begitu signifikan, Dimana banyak sekali kendaraan berat berkapasitas lebih melewati jalan dalam kota yang tingkat kelas jalanya tidak bisa dilewati kendaraan tersebut. Tebal perkerasan disini sangatlah penting dalam srtuktur perkerasan jalan, Mengingat ruas jalan ring road II Samarinda merupakan Jalan sekunder yaitu jalan yang melayani lalu lintas yang cukup tinggi antara kota – kota penting dengan kota – kota yang lebih kecil serta melayani daerah – daerah sekitarnya. Yang mana panjang jalan Ring Road II Samarinda saat ini 7350 m, dan lebar variasi antara 15 s/d 18 meter.


Keywords


Tebal Perkerasan Lentur.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012