ANALISA KAPASITAS DAN TINGKAT PELAYANAN RUAS JALAN DI KOTA BALIKPAPAN Studi Kasus : Jalan Soekarno Hatta-Jalan Projokal (Simpang Tiga)

ARJUNA ARJUNA

Abstract


Kondisi lalu lintas di Kota Balikpapan khusunya di ruas Jalan Soekarno Hatta - Jalan Projokal (Simpang Tiga) saat ini sekalipun belum dikatakan crowded (Padat), namun sudah terjadi kemacetan dan antrian yang lumayan cukup lama dibeberapa jalan yang ada terutama pada jam-jam sibuk (pada jam pergi dan pulang sekolah atau jam berangkat dan pulang kerja). Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan kota serta laju penduduk. Studi yang dilakukan pada penelitian ini bersifat riset dengan tujuan untuk menghitung kapasitas dan tingkat pelayanan jam puncak (peack hour), yaitu dengan cara melakukan survey selama 7 hari (dimulai dari Pagi jam 07.00 – 09.00, Siang jam 12.00 – 14.00 dan Sore jam 16.00 – 18.00) yang mana dari survey ini didapatkan data volume lalu-lintas, hambatan samping serta data geometrik jalan. Dalam pengolahan data dilakukan dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dimana derajat kejenuhan (DS) sebagai indikator perilaku lalu-lintas. Berdasarkan analisis perhitungan dengan metode MKJI’97 didapat Kapasitas dan Tingkat Pelayanan jam puncak (peack hour) ruas jalan adalah sebagai berikut: 1. Nilai kapasitas jalan Soekarno Hatta arah Samarinda = 2923,50 smp/jam, jalan Soekarno Hatta arah Balikpapan = 3265,30 smp/jam, jalan Projokal = 2453,25 smp/jam. 2. Tingkat Pelayanan jalan Soekarno Hatta arah Samarinda C (Q/C=0,45), jalan Soekarno Hatta arah Balikpapan C (Q/C=0,50), jalan Projokal B (Q/C=0,38).

Keywords


Analisa Kapasitas, Tingkat Pelayanan, MKJI 1997

Full Text:

pdf

References


Direktorat Jenderal Bina Marga, Juni 1997,

MKJI (Manual Kapasitas Jalan

Indonesia), Departemen Pekerjaan

Umum.

Badan Pusat Statistik, 2018. Samarinda

Dalam Angka. Samarinda : Badan Pusat

Statistik.

Negara Republik Indonesia, 2006. Undang –

Undang No. 38 tahun 2004 tentan jalan.

Jakarta: PT.MEDISA.

Rekayasa Lalu Lintas, 2014. Tugas Survey

Lalu Lintas dan Hambatan

Samping,Samarinda.

Clarkson H. Oglesby, Gary Hicks R. 1988.

Teknik Jalan Raya Edisi Ke Empat,

Jilid I. Jakarta : Erlangga.

http://komunitashondamegaprokebumen.wor

dpress.com/2012/01/24/kenapa-jalanraya-sering-rusak-dan-jelek/#more-536

Ardi Palin, Jurnal Teknik Sipil Vol.1 No.9,

Agustus 2013.

Yoery Pratama Riswardana, 2013.Jurnal :

Analisa Kinerja Jalan Dan Waktu

Tempuh (Studi Kasus Jalan Kini Balu –

Jendral Sudirman – Awang

long.Samarinda.

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan

Pemodelan Transportasi., ITB,

Bandung

Undang-undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan

Angkutan Barang.

Hero Agustyas, 2015.Skripsi : Evaluasi

Kinerja Lalu Lintas Pada Ruas

JalanAnggur Dan KS.Tubun Dalam

(Arga Mulya) Samarinda.

Dewi Wulandari, 2015.Skripsi : Analisis

Waktu Tempuh Perjalanan Kendaraan

Ringan Kota Samarinda.

Edy Suprapto, 2005.Tesis : Analisis

Kapasitas Dan Kondisi Ruas Jalan

Sragen Palur.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012