STUDI KARAKTERISTIK ARUS PEJALAN KAKI DI RUAS JALAN OTTO ISKANDARDINATA KOTA SAMARINDA

MUHAMMAD SYAHRIZAL

Abstract


Studi Karakteristik Alur Pejalan Kaki di Jalan Otto Iskandardinata di Kota Samarinda. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Akhirnya, lalu lintas pejalan kaki dinyatakan dengan cara yang mirip dengan kinerja lalu lintas kendaraan dengan kecepatan dan kepadatan yang saling berhubungan. Dalam penelitian ini berlangsung di Pejalan Kaki Otto Iskandardinata di Kota Samarinda. Dengan pertimbangan, Jalan Otto Iskandardinata adalah Area Pasar Sungai Dama adalah hubungan perdagangan aktif dan pusat kegiatan perdagangan di Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik pejalan kaki, bagaimana hubungan antara kecepatan (speed), arus (flow), kepadatan (density), dan ruang (space) di wilayah tersebut. Selain itu, untuk mengetahui apakah Level Layanan (LOS) masih dapat mengakomodasi jumlah pejalan kaki di sana. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode survei dan metode analitik. Metode survei menggunakan teknik manual dalam observasi dan pengumpulan data di lapangan. Dari hasil survei di lapangan diperoleh data tentang jumlah pejalan kaki dan waktu tempuh pejalan kaki. Sedangkan metode analitik menggunakan metode Highway Capacity Manual (HCM) 1985 untuk mendapatkan tingkat layanan pejalan kaki. Berdasarkan jumlah arus (ruang) dan area ruang pejalan kaki (ruang) pejalan kaki pada interval 10 menit terbesar dan dicocokkan dengan bidang pada arus C dengan arus 11.3636 dan ruang 2.0243, sedangkan tingkat layanan Segmen C sesuai dengan tingkat layanan "C" Ini menunjukkan bahwa fasilitas pejalan kaki di Otto Iskandardinata Kota Samarinda di segmen C harus ditata ulang sehingga jalur ini sesuai dengan tingkat layanan yang diperlukan

Keywords


tingkat layanan, Manual Kapasitas Jalan Raya (HCM) 1985, Pasar Sungai Dama, pejalan kaki

Full Text:

pdf

References


Anonim, 2018, Buku Panduan Penulisan Skripsi, Samarinda: Jurusan Teknik Sipil

Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945.

Clifando E. N. Sondakh, 2014, Analisa Kebutuhan Pedestrian Pada Ruas Jalan

Dotulolong Lasut Segmen Samping Bioskop Presiden Kota Manado,

Universitas Sam Ratulangi.

HCM 1985, Highway Capacity Manual 1985, Transportation Research Board.

Ikbal M, (2011), Studi Karakteristik Pejalan Kaki Dan Pemilihan Jenis Fasilitas

Penyeberangan Pejalan Kaki Di Kota Palu, Universitas Tadulako.

Keputusan Direktur Jendral Perhubungan Darat : SK43/AJ 007/DRJD/97

Kementrian Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Bina Marga, 1999. Bab VII

Spesifikasi Teknis.

Khisty, CJ and B. Kent Lall, 1998, Transportation Engineering an introduction,

Prentice Hall International, USA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012