STUDI WAKTU TEMPUH PADA SIMPANG KELAMBU KUNING TENGGARONG

ANDI HASBI YANSYAH

Abstract


Secara umum faktor yang menyebabkan masalah kemacetan yang semakin lama semakin parah, yaitu terus bertambahnya kepemilikan kendaraan, terbatasnya sumber daya untuk pembangunan jalan raya dan fasilitas transportasi yang ada (system operasi).

Selain itu, kepentingan umum, dan kepentingan pribadi yang ada di simpang kelambu kuning tenggarong tepat pada jalan danau aji dan gunung gandek mengakibatkan setiap orang melintasi ruas jalan tersebut agar masing-masing kepentingan dapat terpenuhi.

Jalan merupakan prasarana yang sangat menunjang bagi kebutuhan hidup masyarakat untuk menghubungkan daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Kerusakan jalan dapat berdampak pada kondisi social dan ekonomi terutama pada sarana transportasi darat. Komprehensivitas perencanaan prasarana jalan di suatu wilayah mulai dari tahapan prasurvey, perencanaan dan perancangan teknis, pelaksanaan pembangunan fisiknya hingga pemeliharaan harus integral dan tidak terpisahkan sesuai kebutuhan saat ini dan prediksi umur pelayanannya di masa mendatang agar tetap terjaga ketahanan fungsionalnya.

Lalu lintas merupakan suatu interaksi dari berbagai komponen dan perilaku yang membentuk suatu kondisi arus lalu lintas. Pada dasarnya komponen utama lalu lintas jalan raya terdiri dari tiga komponen utama yaitu: pemakai jalan, kendaraan, dan jalan. Dari ketiganya masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda-beda untuk masing-masing lokasi ruas jalan. Oleh karena itu mengetahui karakteristik dari ketiga komponen utama tersebut sangat penting untuk bisa melakukan indentifikasi dan analisis tentang kondisi arus lalu lintas di jalan raya.

Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan bahwa di ketahui pada simpang kelambu kuning pada jalan Danau Aji dan gunung gandek waktu tempuh dan kecepatan rata-rata pada simpang kelambu kuning adalah Approach A : 14,52 ,approach B : 16,12 , Approach C : 9,99 dan Approach D : 8,93, tingkat pelayanan pada jam-jam puncak pada jalan Danau aji dan Gunung Gandek mengalami hasil yang sama yaitu masuk dalam karakteristik tingkat pelayanan kategori C, dimana kondisi arus lalu lintas masih stabil dan kecepatan sedikit terbatas oleh arus lalu lintas.


Keywords


Waktu tempuh dan tingkat pelayanan.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012