ANALISA BANGKITAN PADA PERUMAHAN ARIESCO DI KOTA SAMARINDA

GUMILANG SULIANTO

Abstract


Kawasan Perumahan Menyebabkan berubahnya fungsi tata guna lahan yang kemudian hari menimbulkan permasalahan , kegiatan masyarakat untuk beraktifitas menyebabkan timbulnya bangkitan-bangkitan perjalanan yang dapat membebani Jalur-jalur jaringan jalan menuju pusat-pusat kegiatan .

  1. Permasalahan yang terjadi pada kawasan perumahan   Ariesco Samarinda mempunyai Rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana Model bangkitan Perjalanan pada Perumahan Ariesco ?
  2. Bagaimana Hasil Uji  R2  Terhadap Bangkitan Perjalanan Pada Perumahan Ariesco ?

Untuk data yang sesuai dengan masalah yang diteliti maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data penyebaran 200 Lembar Kuesioner dan dengan mewawancarai keluarga dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan Informasi langsung perihal daftar pertanyaan pada Lembar Kuesioner dan Program Softwere SPSS yang digunakan untuk melakukan Perhitungan.

Dari data penduduk Perumahan   Ariesco terdapat 6 RT yaitu,RT 20, RT 21, RT 22, RT 23, RT 24, RT 25, dan jumlah Penduduk adalah 663 Kepala Keluarga. Hasil data yang diperoleh dari kuesioner terdapat 3 Pemodelan Bangkitan Perjalanan yaitu Biaya Bahan Bakar (X8), Penghasilan dalam sebulan (X5), maksud perjalanan (X6), sehingga variable terikat yang terbentuk adalah Y (Pengguna jenis Kendaraan). Dari 3 model tersebut memiliki persamaan regrensi Y = 0,269 + 0,425 (X8) + 0,062(X6) + 0,074(X5),  dan Nilai Uji R (Koefisien Kolerasi berganda = 0,797. Menunjukan tingkat hubungan variable dependen (Variabel terikat) dengan Variabel independen (Variabel Bebas) pada tingkat Kolerasi Kuat menunjukan bahwa 79,7 % dari (variable terikat) dapat dijelaskan oleh Biaya Bahan Bakar (X8), Penghasilan dalam sebulan (X5), maksud perjalanan (X6), (Variabel terikat).


Keywords


Bangkitan perjalanan, Hasil Uji R2

Full Text:

doc

References


A. A Endang Dwi Berdikaryati, ”Tesis Karakteristik Pola Perjalanan Transportasi Penduduk Daerah Pinggiran” ,Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang, 2006

B. Yudaruddin Rizky (2014), Statistik Ekonomi Aplikasi dengan Program SPSS versi 20, Penerbit Interpena

C. Alqifari 2000. Analisis Regresi (Teori, Kasus dan Solusi). Penerbit BPFE Yogyakarta.

D. Hobbs F. D. 1999. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Gajah Mada Uneversity Press.

E. Tamin Ofyar, Z. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Edisi kedua. ITB Bandung

F. Black J.A 1981. Urban transport Planning (Theory and Products), London Crom Helm.

G. Riduan dan Akdon. 2008. Rumus dan Data Dalam Analisis Statiska, Alfabeta Bandung

H. Miro, Fidel (2005), Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencana dan Praktisi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

I. Ortuzar, J. de D. and L.G. Wilhumsen, (1990),

Modelling Transport, England, John Wiley and Sons, Sussex

J. Tamin, O. Z., Frazilla, B.R. dan Prahara, E. ( 1999), Kajian Bangkitan dan Tarikan Lalu – lintas Dengan Metode Analisis Regresi : Studi Kasus di Wilayah Bandung Raya,

K. Jurnal Teknik Sipil, No. 2 Tahun V-juli 1999, Hal. 265-282, Universitas Tarumanegara, Jakarta.

L. Tamin, O.Z. (2000), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012