PERHITUNGAN STRUKTUR ATAS GEDUNG BERTINGKAT PADA PROYEK PEMBANGUNAN PUSKESMAS PASUNDAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

FAISAL SAGITA

Abstract


Pesatnya perkembangan kota samarinda membuat pemerintah kota samarinda membenah fasilatas umum salah satunya dibidang kesehatan,, pemerintah melakukan program pembenah puskesmas sesamarinda dan salahnya puskesmas pasundan yang menjadi penelitian saya dalam perhitungan struktur gedung.  

            Kondisi bangunan puskesmas pasundan dianggap kurang layak , dikarena bangunan sudah terlihat tua, rendah dari pada jalan dan sering tergenang banjir. Oleh karena itu Pemerintah Kota Samarinda melakukan pembangunan gedung baru untuk memfasilitasi masyarakat agar mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

            Lokasi penelitian berada disamarinda tepatnya dijalan pasundan samarinda ,dekat dengan dengan rumah sakit dirgahayu yang berjarak kurang lebih 500 meter. Pengambilan data dengan cara survey lokasi dan mengambil foto dokumentasi dilapangan. Menganalisi perhitungan struktur menggunakan metode takbeya

            Rumusan masalah membahas bagaimana cara menghitung gaya normal, gaya geser , serta momen yang terjadi pada struktur puskesmas pasundan Dari hasil analisis perhitungan struktur beton bertulang yang dilakukan oleh penulis dengan mengunakan metode perhitungan  “takabeya”. Dalam perhitungan struktur metode takabeya dibutuhkan ketelitian sangat tinggi , sehingga mendapat momen memen parsil yang konvergen .  Analisis momen maksiamal pada balok dengan bentang 5,50 meter sebesar 7,741 ton/m yang selanjutnya digunakan untuk proses menghitung tulang balok, dan pelat . Gaya aksial kolom ( Pu’) yang harus dipikul oleh sruktur bawah sebesar 57,352 kN, digunakan untuk menghitung tulangan yang ada pada kolom.


Keywords


Takabeya, Tulangan,Momen

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012