PERENCANAAN JALAN PERKERASAN BETON SEMEN (RIGID PAVEMENT) PADA KEGIATAN PEMBANGUNAN PENGHUBUNG RUAS JALAN HM. RIFADDIN – JEMBATAN MAHULU DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

NONI REZTI

Abstract


Pembangunan ruas jalan penghubung dari Jalan HM Riffadin sampai dengan Jembatan Mahulu merupakan salah satu kegiatan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur. Merupakan salah satu jalan alternatif luar kota yang akan dilewati kendaraan bertonase besar untuk masuk ke kota Samarinda. Agar jalan alternatif ini mampu untuk melayani kendaraan berat yang melewati ruas ini maka perencanaan perkerasan jalan alternatif ini harus direncanakan dengan perkerasan kaku (rigid Pavement)

            Adapun tujuan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :

  1. 1.         Dapat merencanakan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) dengan metode Pd-T-14-2003 selama umur rencana 20 tahun pada ruas jalan HM Riffadin – Jembatan Mahulu.
  2. 2.         Dapat menganalisa penulangan yang disyaratkan sesuai dengan tebal perkerasan kaku (rigid Pavement)

Dari hasil analisa dan perhitungan  Pada perencanaan ruas penghubung  Jalan HM. Rifaddin – Jembatan Mahulu diketahui terdiri dari 2 lajur dan 2 arah, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. 1.        Untuk perencanaan perkerasan jalan di dapat tebal perkerasan beton (rigid pavement) = 200 mm dengan mutu beton K-250 (250 kg/cm2) atau fcr = K . (f’c)0,50 = 0,75.(25) 0,50  = 3,75 Mpa
  2. 2.        Untuk penulangan didapat :
    1. a.      Dowel (Ruji) : Ø 33 mm, panjang 450 mm dengan jarak antar dowel = 300 mm.
    2. b.      Tie Bar : Ø 16 mm, panjang 688 mm dengan jarak antar tie bar = 750 mm.

Keywords


Perkerasan Kaku, Rigid Pavement

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012