Perencanaan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an di Kota Tarakan dengan Pendekatan Arsitektur Islam

FERIZAN APIDAN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat Perencanaan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an yang dikhususkan bagi para calon santriwan (laki-laki) berumur 12 tahun atau setara umur anak SMP untuk mengetahui dan memahami wawasan tentang Al-Quran baik itu isi maupun makna yang terkandung di dalamnya. Pondok Pesantren ini memiliki sekolah dan asrama untuk tempat tinggal, serta memiliki sarana penunjang agar memenuhi kebutuhan para santriwan di pondok pesantren.

Pada saat ini, perkembangan desain pada bangunan sangat signifikan dari segi material, pemilihan warna, motif, bahkan hingga bentuk. Walaupun banyaknya desain bangunan modern dengan konsep yang elegan, namun beberapa arsitek tidak ingin lepas dari desain religius yaitu Arsitektur Islam. Dan faktor lainnya juga adalah karena jumlah mayoritas orang beragama Islam.

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an yang direncanakan ini memiliki konsep Arsitektur Islam yang desain bangunannya yaitu berciri khas Islami dan lokasinya berada di Kota Tarakan. Pondok Pesantren ini memiliki asumsi 432 orang laki-laki (santriwan) dan belum termasuk jumlah para kyai/ustadz dan pengurus-pengurus lainnya. Pondok Pesantren ini memiliki fasilitas diantaranya adalah masjid, perpustakaan, kantin, ruang kesehatan (UKS), dan lapangan olahraga.


Keywords


Pondok Pesantren, Tahfidz Qur’an, Arsitektur Islam

Full Text:

pdf

References


Al, Yugi. 2020. Seni Arsitektur Islam. Diakses 2021. https://cerdika.com/seni-arsitektur-islam.

Arsitur Studio. 2020. Pengertian Kolom dan Jenis-jenis Kolom pada Bangunan. Diakses 2021. https://www.arsitur.com/2017/10/pengertian-kolom-dan-jenis-jenis-kolom.html.

Fatah, dan dkk. 2005. Rekontruksi Pesantren Masa Depan. Jakarta Utara: PT. Listafariska Putra.

Ikons.id. 2017. Mashrabiya: Menerjemahkan Tradisi ke dalam Fasad Dinamis. Diakses 2021. https://www.ikons.id/mashrabiya-menerjemahkan-tradisi-ke-dalam-fasad-dinamis.

Kreasindo, Farraz. 2018. Kaidah Peradaban Arsitektur Islam. Diakses 2021. https://grcfarraz.com/kaidah-peradaban-arsitektur-islam.

Pengadaan.web.id. 2020. Sistem Plumbing: Fungsi, Peralatan, dan Perancangannya. Diakses 2021. https://www.pengadaan.web.id/2020/10/sistem-plumbing.html.

Rahman, Miyanti. 2020. Sistem Utilitas Bangunan yang Wajib Ada di Bangunan Bertingkat. Diakses 2021. https://www.99.co/id/panduan/utilitas-bangunan.

Tegar, Tommy. 2020. Seni Arsitektur Islam: Bentuk dan Sejarah Perkembangannya di Dunia. Diakses 2021. https://www.tegaraya.com/2020/09/seni-arsitektur-islam-bentuk-dan-sejarahnya.html.

W, Gulo. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012