PERENCANAAN PUSAT FOTOGRAFI DENGAN PENERAPAN TEMATIK GENRE DI KOTA SAMARINDA

SITI MELINDA

Abstract


Meningkatnya Fotografi jumlah peminat fotografi serta tumbuhnya komunitas-komunitas, dan media fotografi yang digunakan sebagai sarana penunjang ataupun alat untuk berbagai kegiatan seperti, media massa, perdagangan, kedokteran, pendidikan, ilmu pengetahuan, hukum, dokumentasi, hiburan, seni budaya, bahkan arsitektur, dan masih banyak kegiatan lainnya. Tujuan penelitan dari perencanaan pusat fotografi di kota samarinda, yaitu sebagai fasilitas yang bisa menampung berbagai kegiatan yang berkaitan dengan fotografi, kegiatan dilakukan untuk memberikan suatu pengenalan, pengetahuan, dan hiburan mengenai fotografi bagi masyarakat luas.

Bentuk Pusat Fotografi di Kota Samarinda ini mengambil konsep Tematik Genre menjadikan pusat fotografi ini menjadi bangunan yang memiliki konsep yang bertema pada masing-masing bangunannya, mengambil konsep-konsep kebutuhan ruang dari penekanan tematik genre itu sendiri sehingga mampu menghasilkan bangunan dan ruang-ruang yang dapat menggambarkan arti dari sebuah genre fotografi di kota samarinda.


Keywords


Pusat Fotografi, Samarinda, Tematik, Genre

Full Text:

doc

References


Ching, Francis D.K. 2008. Buku Arsitektur Bentuk, Ruang, dan Tatanan Edisi Kedua. Ciracas, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Neufert, E. 2002. Ernst Neufert data arsitek. Edisi 33 jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Ernst., Neufert, P. 2012. Neufert Architects’ data. Edisi 4. Blackwell Publishing Ltd

Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. (2008). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 26/PRT/M/2008 Tentang Persyaratan Teknis Sistem Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung dan Lingkungan.

Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 11/PRT/M/2014 Pengelolaan Air Hujan Pada Bangunan Gedung Dan Persilnya.

Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 12/PRT/M/2014 Tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan.

Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia.. 2017. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI No. 14/PRT/M/2017 Tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung.

Amaliyah, S. 2017. Pusat Fotografi dengan Pendekatan Arsitektur Kontemporer di Kota Semarang. Program Sarjana Jurusan Teknik Arsitektur, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Wijaya, R. 2018. Perencanaan dan Perancangan Pusat Fotografi Bandung. Program Studi Teknik Arsitektur, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.

Hamzah,M. 2019. Perancangan Pusat Fotografi di Kota Gorontalo dengan Konsep Hi-Tech Building, Sekolah Tinggi Teknik Bina Taruna Gorontalo. Jurnal Peradaban Sains, rekayasa, dan teknologi Volume 3 No 2.

Damopolii, P. 2019. Pusat Fotografi Di Kota Gorontalo Dengan Pendekatan Arsitektur Modern. Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012