ANALISA PERBANDINGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE ANALISIS KOMPONEN SKBI 1987 DAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 (Studi Khasus : Jalan Lingkar Stadion Palaran)

RAMA WIJAYA

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, pertumbuhan ekonomi di suatu daerah juga semakin meningkat. Hal ini menuntut adanya infrastruktur yang cukup memadai dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. Jalan merupakan salah satu infrastuktur yang sangat penting dalam suatu Negara yang memfasilitasi sarana transportasi antar daerah atau kota. Dengan semakin meningkatnya lalu lintas yang melewati suatu ruas jalan, maka ruas jalan tersebut haruslah nyaman dan aman jika dilalui oleh pengguna jalan. Dalam penelitian ini akan dilakukan perbandingan antara Metode perencanaan tebal perkerasan jalan Metode Komponen SKBI 1987 dan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 pada Proyek Perencanaa Tebal Perkerasan Jalan Lingkar Stadion Palaran Sta (0+000) sampai Sta (3+000). Hasil perhitungan didapatkan nilai Metode Analisa Komponen SKBI 1987 Lapisan Laston AC-WC (MS 744)= 6cm, Lapisan Laston AC-BC (MS 744)= 6cm, Lapisan Pondasi Atas, Batu Pecah (CBR 100)=35cm, Lapisan Pondasi Bawah, Sirtu/Pirtun (CBR 50)=25cm dengan anggaran Rp.88. 050.290.615,00; Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 Lapisan AC-WC=4cm , Lapisan AC-BC= 6 cm, Lapisan AC Base=18cm, Lapisan Pondasi Atas Kelas A=30cm dengan anggaran Rp.47.220.194.568,00.

Keywords


analisis komponen SKBI 1987, manual desain perkerasan jalan 2017, RAB

Full Text:

pdf

References


Departemen Pekerjaan Umum

Perencanaan Tebal

Perkerasan Lentur Jalan

Raya Dengan Metode Analisis

Komponen SKBI

No.2.3.26/1987

Kementerian Pekerjaan Umum dan

Perumahan Rakyat Direktorat

Jenderal Bina Marga Manual

Desain Pekerjaan Jalan

(Revisi Juni 2017),

No.04/SE/Db/2017.

https://dpupr.grobogan.go.id/info/arti

kel/29-konstruksi-perkerasanlentur-flexible-pavement

https://id.wikibooks.org/wiki/Penera

pan_Geometrik_Jalan_Raya/

Kelas_Jalan

https://www.neliti.com/id/publication

s/281582/analisis-tebalperkerasan-lentur

menggunakan-metodeanalisa-komponen-danmetode-aashto pada ruas

jalan Nagrak Kabupaten

Bogor.

Ibrahim, H.Bachtiar, 1993, Rencana

Dan estimasi Real Of Cost.

Cetakan ke-2. Jakarta : Bumi

Aksara

Listyaningrum, 2014, Perbandingan

Perencanaan Tebal

Perkerasan Lentur

Menggunakan Metode

Analisis Komponen SKBI

Dengan Manual Desain

Perkerasan Jalan 2013 Dinas

Pekerjaan Umum Bina Marga

Serta Perhitungan Rencana

Anggaran Biaya dan Time

Schedule. Tugas Akhir

Universitas Muhammadiyah

Yogyakarta.

Tata Cara Perencanaan Geometrik

Jalan Antar Kota (Direktorat

Jenderal Bina Marga :1997).

Baharuddin Kadir, 2019, Analisa

Perbandingan Perkerasan

Jalan Menggunakan Metode

Analisis Komponen SKBI

Dengan Manual Desain

Perkerasan Jalan 2017 (studi

khasus : pada jalan simpang

TBA-pusat perkantoran

kabupaten Mahakam Ulu).

Tugas Akhir Universitas 17

agustus 1945.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012