KAJIAN KONTRAK KONSTRUKSI PADA PROYEK PEKERJAAN PENYELESAIAN PENINGKATAN BENDUNGAN BENANGA KOTA SAMARINDA

AGUSTIN KRISMONIKA

Abstract


Kontrak kerja konstruksi ialah sebuah perjanjian yang dilakukan oleh pihak pertama dan pihak kedua, kontrak ini menggunakan kontrak kerja unit price. Pada penelitian ini akan diteliti mengenai penerapan kontrak kerja dan indikator yang mempengaruhi kontrak. Teknik pengumpulan data antara lain observasi, interview, kuesioner dan studi pustaka.

Metode yang digunakan untuk menghasilkan perhitungan adalah Uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisa di-ploting ke dalam SPSS, terdapat 4 pertanyaan mengenai penerapan kontrak dan 22 pertanyaan mengenai indikator yang mempengaruhi. Dari hasil penelitian pada penerapan kontrak terdapat 83,33%  menjawab sangat setuju dan indikator yang mempengaruhi terdapat 33,64% menjawab tidak setuju.


Full Text:

doc doc

References


Dewi, D. A. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Universitas Diponegoro.

Hastuti, S. A., & Dwi Haryati, S. H. (2012). Pelaksanaan Kontrak Unit Price Antara Kontraktor Dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Solok Selatan (Studi Kasus Pembangunan Baru Jembatan Kabupaten Oleh CV. Mitreka (Doctoral Dissertation, [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada).

Hansen, S. (2015). Manajemen Kontrak Konstruksi. Gramedia Pustaka Utama.

Juliandi, A. (2008). Uji reliabilitas instrumen penelitian dengan cronbach alpha: manual.

Luthfiyan, A. (2017). Analisis Perbandingan Kontrak Lump Sump Fixed Price Dengan Kontrak Harga Satuan Fixed Unit Price Terhadap Kinerja Waktu Dan Biaya (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Mainah, M. (2019). Analisa Kontrak Kerja Konstruksi Pada Proyek Rehab Bengkel Untuk Ruang Widyaiswara, Penyuluh Dan Lab. It. Di Dinas Pangan, Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kalimantan Timur. Kurva S Jurnal Mahasiswa, 1(1), 806-817.

Nugroho, S. (2013). Cara Menghitung Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas Instrumen Skripsi Kuantitatif Dengan Spss.

Tumembow, W. Y., Tjakra, J., & Arsjad, T. T. (2016). Analisis Kontrak Kerja Owner Terhadap Kontraktor (Studi Kasus: Perumahan Taman Mapanget Raya). Jurnal Sipil Statik, 4(5).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012