ANALISIS SISTEM MANAJEMEN PELAYANAN AIR BERSIH DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA PDAM KOTA SAMARINDA UTARA STUDI KASUS PENGELOLAAN AIR BERSIH UNIT GUNUNG LINGAI

OJI SAPUTRA

Abstract


Instalasi dan Pengolahan Air (IPA) PDAM Kota Samarinda Unit Gunung Lingai dengan kapasitas debit 100 liter/detik telah melayani pelanggan pada tahun 2017 adalah sebanyak 15.557 sambungan rumah.

Permasalahan yang terjadi adalah dalam pendistribusian air saat ini dilakukan pengiliran, maka untuk menjaga kebutuhan air bersih ke masyarakat agar tetap terjaga perlu dilakukan langkah-langkah strategis dan efisien. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan judul : Analisis Sistem Manajemen Pelayanan Air Bersih Dalam Upaya Peningkatan Kinerja PDAM Kota Samarinda Utara Studi Kasus Pengelolaan Air Bersih Unit Gunung Lingai.

Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana kondisi terakhir instalasi pengolahan air bersih Unit Gunung Lingai dan kondisi 10 tahun ke depan, (2) Bagaimana menganalisa Sistem Kinerja Manajemen Pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Bersih (IPA) Unit Gunung Lingai Samarinda Utara.

Penelitian dengan melakukan survey lapangan, analisis dan dalam perhitungannya menggunakan metode Metode Eksponensial serta perhitungan sistem manajemen air bersih.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi tingkat pelayanan IPA Unit Gunung Lingai saat ini (2017) adalah : sambungan rumah 15.557 (SR), Produksi Air : 6.666.834 M3. Distribusi Air : 5.929.590 M3, Pendapatan Penjualan Air : Rp. 17.406.850.265 dan Biaya Operasi : Rp. 15.691.664.875. Sedangkan (2) Proyeksi pelayanan 10 tahun ke depan (2026) adalah sambungan rumah 24.532 (SR), Produksi Air : 14.696.287 M3. Distribusi Air : 11.579.557 M3, Pendapatan Penjualan Air : Rp. 29.911.682.634,00 dan Biaya Operasi : Rp. 24.869.552.175,00 dan (3) Program Peningkatan Manajemen Pelayanan pada bidang Teknis Operasional, Bidang Keuangan, Bidang Pelayanan dan Pemasaran, Bidang Organisasi dan Manajemen serta Bidang Pengembangan SDM.


Keywords


Tingkat Pelayanan, Proyeksi, Manajemen Pelayanan

Full Text:

doc

References


C. Totok Sutrisno, 1987, Teknologi Penyediaan Air Bersih, penerbit Rineka Cipta Jakarta.

M. Ghufran H Kordi K, Andi Baso Tancung, 2005, Pengelolaan Kualitas Air, penerbit Rineka Cipta Jakarta.

Peavy, Howard S., Donald R. Rowe, dan George T., 1985, Environmental Engineering, McGraw-Hill Publishing Company, USA.

Reynolds, T.D. and Richards, P. A. 1996, Unit Operation and Procceses In Enviromental Engineering, Second Edition, PWS Publishing Company, USA.

Suad Husnan, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Yogyakarta UPP STIM YKPN, 2006.

Freedy Rangkuti, Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama,1997.

Cahyono, Bambang Tri, 1996, Manajemen Keuangan, IPWI, Jakarta.

Bangun, Wilson, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Erlangga, 2012.

Gasperz, Vincent, Sistem Manajemen Terintegrasi : Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah, Jakarta : Gramedia PustakaUtama 2002.

Sidharta Dk, 1997, Rekayasa Penyehatan/Lingkungan, Jakarta, Gunadharma.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, No.416/MENKES/PER/ IX/1990, Tentang Standar Kualitas Air Bersih, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2005 Tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, Jakarta.

Sianipar, J.P.G., 2001, Teknik-Teknik Analsisi Manajemen, Jakarta.

Soeripto, 1998, Metode Pengambilan Contoh Air dan Pemeriksaan Kimia Air, Jakarta.

Soegianto, September 1996, Pengembangan Sumber Daya Air, Materi Penataan Dosen PTS se Indonesia, Jakarta.

Yayuk Sri Sundari, 2014, Rekayasa Teknik Penyehatan, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Samarinda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012