PERBANDINGAN ESTIMASI ANGGARAN BIAYA ANTARA METODE SNI, BOW DAN KONTRAKTOR (STUDI KASUS : PROYEK LANJUTAN PEMBANGUNAN EKS GEDUNG KANTOR KOPERASI SAMARINDA)

RISELDY YUSNA PUTRA

Abstract


Dalam sebuah proyek konstruksi, perkiraan biaya memegang peran penting dalam penyelenggaraan proyek. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan pembangunan gedung dan bangunan di bidang konstruksi, diperkirakan suatu sasaran dasar perhitungan harga satuan yaitu Analisa Biaya Konstruksi. Kontraktor umumnya membuat harga penawaran berdasarkan  analisa yang  tidak seluruhnya berpedoman pada analisa BOW (Burgelijke Openbare Werken) maupun analisa SNI (Standarisasi Nasional Indonesia). Para kontraktor lebih cenderung menghitung harga satuan pekerjaan berdasarkan dengan analisa mereka sendiri yang didasarkan atas pengalaman terdahulu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan konstruksi, walaupun tidak terlepas dari analisa BOW dan SNI.

Metode penelitian dalam melakukan analisa Rencana Anggaran Biaya (RAB) yaitu dengan BOW, SNI dan Metode Perhitungan Kontraktor.

Dari perhitungan masing-masing analisa rencana anggaran biaya yang ada, didapat perbandingan rencana anggaran biaya antara metode BOW, SNI dan Metode Perhitungan Kontraktor. Rencana anggaran biaya yang ekonomis dengan menggunakan Metode Perhitungan Kontraktor yaitu sebesar Rp 1.540.813.131,52,- sementara hasil analisa rencana anggaran  biaya  BOW  yaitu  sebesar  Rp  1.776.243.933,87,-  sedangkan  analisa  rencana anggaran biaya SNI yaitu sebesar Rp  1.627.780.837,08,-


Keywords


RAB, BOW, SNI, Metode Perhitungan Kontraktor dan Harga Satuan Pekerjaan

Full Text:

doc

References


Andi Asnur Pranata MH, 2011. Perbandingan Estimasi Anggaran Biaya Antara Metode BOW, SNI dan Kontraktor.

Irfan Aulia Rahman, Hendri Warman, Taufik, 2018. Perbandingan Estimasi Anggaran Biaya Dengan Memakai Analisa SNI Dan Analisa BOW (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar).

M. Abdul Mufaris, Fajar Prihesnanto, Eko Darma, 2016. Perbandingan Estimasi Anggaran Biaya Antara Metode BOW, SNI, dan Metode Perhitungan Kontraktor Pada Proyek Rumah Susun (Rusun) Pulogebang Jakarta Timur.

Riski Nur Hidayah, 2018. Perbandingan Rencana Anggaran Biaya Antara Metode BOW dan SNI Pada Pekerjaan Perluasan Gedung Laboratorium BBPOM Samarinda.

Fatchur Roehman, 2011. Analisa Harga Satuan Pekerjaan Dengan Metode BOW, SNI, Dan Lapangan (Pekerjaan Beton Bertulang Pada Pembangunan Rumah Tinggal Perum Bugel, Jepara).

Bumi aksara 1992-1993. Analisa Upah dan Bahan (analisa BOW)

MY SAGULING 8 November 2017, Koefisien pada bOW

Analisa Harga Satuan pekerjaan Sni 2016

Permen PUPR 2016, Analisa Satuan Harga Pekerjaan (ASHP)-Bidang Umum, SDA, BInamarga, dan Cipta Karya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012