ANALISIS TINGKAT PELAYANAN RUAS JALAN SULTAN HASANUDIN PATIMURA KOTA SAMARINDA
Abstract
Perkembangan penduduk yang pesat dan peningkatan mobilitas telah menyebabkan
peningkatan jumlah kendaraan di jalan raya. Jalan, sebagai infrastruktur transportasi penting,
memiliki peran vital dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Perkerasan jalan, yang
merupakan bagian integral dari jalan, sangat penting untuk kelancaran transportasi serta
kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Jenis perkerasan jalan meliputi perkerasan lentur,
perkerasan kaku, dan perkerasan komposit, di mana perkerasan kaku, khususnya yang terbuat
dari beton semen, lebih cocok untuk ruas jalan dengan volume kendaraan berat yang tinggi dan
sering mengalami banjir. Pemerintah terus mendorong pengembangan perkerasan kaku dalam
pembangunan jalan baik di perkotaan maupun pedesaan karena kemampuannya dalam
mendukung beban kendaraan berat serta ketahanannya terhadap genangan air. Di Kecamatan
Samarinda seberang, terdapat ruas jalan Trikora yang menjadi jalur vital antara Kabupaten
Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan kendaraan berat yang sering melintas.
Perbaikan perkerasan jalan menjadi penting, terutama dengan penggunaan perkerasan kaku,
untuk menanggulangi kerusakan yang disebabkan oleh beban kendaraan dan kondisi alam seperti
banjir dan curah hujan tinggi.
Full Text:
pdfReferences
Abubakar, Iskandar.DKK.1999.”Rekayasa Lalu Lintas”. Direktorat Bina Sarana Lalu Lintas
Angkutan Kota. Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum RI.1992. “Standar Perencanaan
Geometrik Jalan Perkotaan”. Direktorat Pembinaan Jalan Kota.Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum RI.1990. “Panduan Penentuan
Klasifikasi Fungsi Jalan di Wilayah Perkotaan” .
Direktorat Pembinaan Jalan Kota. Jakarta. Direktorat Pekerjaan Umum. 1997. “Manual Kapasita
s Jalan Indonesia (MKJI) ,
Direktorat Jenderal Bina Marga dan Departeman Pekerjaan Umum”. Jakarta.
Hasim, Abdul Hafid. 2008. “Kinerja Ruas Jalan Sultan Alauddin Untuk 10 Tahun Mendatang
Dengan Menggunakan Program Analisis Lintas Kaji & Power Simulation (Powersim)”.
Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar. Hendarto, Sri,DKK. “Catatan Kuliah Dasar-
Dasar Transportasi”. Bandung : ITB
Instruksi Gubernur Kalimantan Timur. Nomor 1 Tahun 2012. “ Pengaturan, Pengendalian dan
Rekayasa Lalu Lintas Pada Jembatan Mahakam dan Jembatan Mahakam Hulu (MAHULU)
Serta Ruas Jalan di Provinsi Kalimantan Timur”. Kalimantan Timur.
“Kecamatan Loa Janan Ilir Dalam Rangka (Loa Janan Ilir in Figures)”. 2017. Nomor
6472031.BPS Kota Samarinda.
Harwidyo eko prasetyo,Trijetti, K.1. “Analisis Tingkatt Pelayanan Jalan”. Jakarta:Universitas
Muhamadiyah Jakarta.
Sukarto,Haryono.2006.”Transportasi Perkotaan dan Lingkungan”. Jurnal Teknik Sipil.Vol.3
No.2,Juli 2006.Banten.
Agustina,Sinta.2016. “Analsis Tingkat Pelayanan Ruas Jalan Sentosa -Kemakmuran-Pelita-
Lambung Mangkurat – KH. Ahmad Dahlan - Basuki Rahmat 1Kota Ssamarinda”. Fakultas
Teknik. Universitas 17 Agustus 1945. Samarinda.
Tamin,O,Z. & Nahdalina. “Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALL)”.
(http://www.digilib.itb.ac.id/files/diskl/37/jbptitbpp-gdl-grey-1998-14ofyarzta-1845-1992 gl-
diakses 30 Juli 2007).
Wibowo,Sony,Sulaksono,DKK.2001.”Pengantar Rekayasa Jalan”.Bandung:ITB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012