ANALISA PERKERASAN JALAN DENGAN METODE AASHTO 93 DAN METODE MDPJ 2017 ( Studi khasus : Jalan Poros Batu Cermin Kec. Samarinda Utara Kota Samarinda )

Resky Resky

Abstract


Pada perkembangan perencanaan perkerasan jalan, khususnya perkerasan kaku semakin
mempunyai berbagai macam metode perkerasan. Proyek perkerasan jalan saat ini masih banyak
menggunakan tipe perkerasan kaku dengan berbagai metode yang digunakan. Penelitian ini
bertujuan mengetahui tebal perkerasan dan biaya pekerjaan dari masing – masing metode untuk
menentukan manakah yang lebih efektif dan efisien untuk digunakan dalam pekerjaan
dilapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode AASHTO 93 dan
metode MDPJ 2017, dengan teknik pengumpulan data menggunakan data – data yang telah ada
dan studi literatur. Data yang diperoleh diolah secara sistematis untuk menentukan tebal
perkerasan serta perhitungan biaya pelaksanaan diperoleh dengan analisa harga satuan upah,
material, dan peralatan. Sehingga didapat perbandingan tebal perkerasan dan biaya pekerjaan.
Dari hasil perhitungan didapat tebal perkerasan dengan menggunakan metode AASHTO 93
didapat Beton Mutu Sedang fc’ 25 Mpa 20 cm, Lapisan Pondasi Agregat Kelas A 20 cm,
Timbunan Dari Sumber Galian 15 cm dengan biaya anggaran sebesar Rp. 6.830.666.000,00. Dan
untuk tebal perkerasan menggunakan metode MDPJ 2017 didapat Beton Mutu Sedang fc’ 25
Mpa 20 cm, Lapisan Pondasi Agregat Kelas A 12,5 cm, Timbunan Dari Sumber Galian 17,5 cm
dengan biaya anggaran Rp. 6.389.289.000,00. Dari penelitian tersebut didapat metode manual
desain perkerasan jalan 2017 yang lebih efektif dan efisien.


Keywords


Perkerasan lentur, Tebal Perkerasan, Biaya

Full Text:

pdf

References


AASHTO, American Association of State Highway and Transportation Officials Guide for Design of

Pavement Structures 1993, Washington DC, 1993

https://bpsdm.pu.go.id/center/pelatihan/uploads/edok/2018/01/ee643_5._desain_tebal_perkerasan_jal

an_kaku.pdf

-11-rencana perkerasan jalan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga Manual

Desain Pekerjaan Jalan (Revisi Juni 2017), No.04/SE/Db/2017.

Ibrahim, H.Bachtiar, 1993, Rencana Dan estimasi Real Of Cost. Cetakan ke-2. Jakarta : Bumi Aksara

Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota (Direktorat Jenderal Bina Marga :1997).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012