TINJAUAN PERUBAHAN KELAS JALAN PADA RUAS JALAN CENDANA DI KOTA SAMARINDA

RAFI AL HAKIM

Abstract


Perkembangan pembangunan dari tahun ke tahun akan meningkat, dengan meningkatnya
pembangunan akan meningkat pula jumlah penduduk yang sangat padat, sehingga kebutuhan
ekonomi pula akan meningkat. Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi pada manusia akan
membutuhkan pergerakan. Salah satu sarana yang membantu perekonomian manusia adalah alat
transportasi, Sehingga menyebabkan beberapa ruas jalan mengalami perlambatan pergerakan
kendaraan hingga menimbulkan kemacetan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
kinerja ruas jalan Cendana Kota Samarinda. Demikian hal yang terjadi ruas jalan tersebut yang
tidak terlepas dari masalah lalu lintas etika melewati daerah tersebut, terutama pada saat jam-jam
sibuk pagi dan sore hari diambah lagi aktivitas dari kendaraan yang sering keluar masuk SPBU
Subur Makmur Sejati. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer
diperoleh dengan pengambilan data lalu lintas dan pengukuran langsung kondisi geometrik ruas
jalan. Data sekunder berupa data LHR. Penelitian dilakukan pada jalan Cendana Kota Samarinda
dengan panjang 950 meter dan Analisis data dalam penelitian ini berdasarkan pada MKJI 1997
jalan kota. Hasil analisis penelitian ini didapat kapasitas ruas jalan 2351 Smp/jam dan nilai
derajat kejenuhan sebesar 0,78. jalan Cendana berada dikategori tinggi dengan kondisi daerah
niaga dan aktifitas sisi jalan yang tinggi dengan bobot frekuensi 534,90 kejadian/jam kemudian
tingkat pelayanan di jalan Urip Sumoharjo mendapat nilai rasio 0,78 termasuk dalam kategori D.


Full Text:

pdf

References


Badan Pusat Statistik Samarinda (2020). Samarinda ilir Dalam Angka, BPS Samarinda. Branch,

Melville C (1995).“Perencanaan Kota Komprehensif: Pengantar & Penjelasan”. Yogyakarta,

Indonesia: Gadjah Mada University Press.

Direktorat Jendaral Bina Marga 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat

Bina Jalan (Binkot), Jakarta.

Koloway, B.S., 2009. Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Jalan Prof Dr. Satrio, DKI Jakarta. Journal

of Regional and City Planning, 20(3), pp.215-230.

Kusbiantoro, B S (2007). “Memanusiakan Perencanaan Sistem Transportasi”. Bandung,

Indonesia : BS Kusbiantoro.

Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Di Jalan, Peraturan Mentri, perhubungan 2006. Tamin, O.Z.,

Perencanaan dan Permodelan Transportasi edisi ke-2. Penerbit ITB: Bandung.

Miro, Fidel (2005). “Perencanaan Transportasi Untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi”.

Jakarta, Indonesia : Erlangga.

Santoso, Idwan dkk. 1997. Manajemen Lalulintas Perkotaan. Badan Penerbit ITB, Bandung.

Sukirman, S. 1994. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya, Nova, Bandung.

Wibowo, Sony S, dkk (2001). “Pengantar Rekayasa Jalan”. Cetakan Ketiga. Bandung,

Indonesia : Institut Teknologi Bandung.

Wahyuni Rahman, (2008). “Analisis Kinerja Ruas Jalan Dikota Samarinda”. Samarinda,

Indonesia: Universitas 17 agustus 1945 Samarinda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012