ANALISA TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN KAKU PADA KEGIATAN PEMBANGUNAN JALAN TIONG OHANG – LONG PAHANGAI 3 (MYC) KABUPATEN MAHAKAM HULU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Salah satu prasarana transportasi darat yang berperan sangat besar dalam mendukung
kemajuan dan perkembangan suatu daerah adalah jalan. Jalan merupakan salah satu prasarana
perhubungan darat yang mengalami perkembangan pesat, Oleh sebab itu pembangunan sebuah
jalan haruslah dapat menciptakan keadaan yang aman bagi pengendara yang memakai jalan
tersebut. Ruas jalan Tiong Ohang – Long Pahangai merupakan jalan yang menghubungkan
antara kampung Tiong Ohang Kecamatan long Apari dengan Kecamatan Long Pahangai. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui tebal perkerasan lentur dan kaku dengan analisa menggunakan
metode Bina Marga 2017 serta membandingka tingkat efesiensi biaya dengan dua perkerasan
tersebut yang berpacu dengan HSPK 2021. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data
primer dan data sekunder, dilanjutkan dengan analisa data dan kesimpulam serta saran.
Berdasarkan hasil analisis didapatkan perkerasan lentur memiliki tebal AC-WC = 40mm, AC-BC
= 60mm, AC Base = 245mm, LPA Kelas A = 300mm, kemudian perkerasan kaku memiliki tebal
Plat Beton = 275mm, Lapis LMC = 100mm, Lapis Drainase = 150mm dan perkerasan yang lebih
efisien adalah perkerasan kaku yang dapat menghemat biaya sebesar Rp.13.999.171.780,83 atau
16%.
Keywords
Full Text:
pdfReferences
Direktorat Jenderal Bina Marga. 2017. Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 04/SE.Db/2017.
Jakarta
Departemen Pemukiman dan Prasaranan Wilayah, (2003). Perencanaan Perkerasan Jalan Beton
Semen, Pd T-14-2003, BSN. Jakarta.
Peraturan Pemerintah RI No.34, 2006. Tentang Jalan.
Sukirman, Silvia. 1988, Perkerasan Lenturan Jalan Raya. Penerbit Nova Bandung.
Ari Sasmoko Adi, Perancangan Tebal Perkerasan Jalan Raya Hendarsin, Shirley L., 2000,
Penuntun Praktis Perencanaan Teknis Jalan Raya Cetakan Pertama Penerbit Politeknik Negeri
Bandung Jurusan Teknik Sipil. Bandung.
Clarkson H. Oglesby R. Garyy Hicks, Teknik Jalan Raya.
Harison, J.A., Correlation of CBR Dynamic Cone Penetrometer Stenght Measurement of Soil.
Austreaian Road Research 16 June 1986.
Wasis H, F, H. et.al.2012, Penggunaan Terrasil Sebagai Material Modifier Untuk Perbaikan
Daya Dukung Subgrade, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012