STUDI PERENCANAAN BUNDARAN SIMPANG EMPAT (STUDI KASUS JALAN Ir. H. JUANDA - JALAN KADRIE OENING - JALAN A. WAHAB SYAHRANIE - JALAN LETNAN JEND. SUPRAPTO) SAMARINDA
Abstract
Simpang bersinyal pada simpang jalan Ir. H. Juanda - jalan Kadrie Oening -
jalan A. Wahab Syahranie - jalan Letnan Jend. Suprapto akan dilakukan
perencanaan dan analisa bundaran untuk mengetahui penggunaan yang lebih
efektif antara Simpang Bersinyal atau Bundaran pada simpang tersebut. Metode
yang digunakan dalam pengerjaan terdiri dari tiga tahap yaitu analisa simpang
bersinyal, perencanaan bundaran dan analisa bundaran. Adapun metode yang
digunakan dalam analisa simpang bersinyal dan analisa bundaran adalah metode
MKJI (Manual Kapasitas Jalan Insonesia) 1997 dan metode yang digunakan
dalam perencanaan bundaran adalah Pedoman Teknik Nomor 20 Tahun 2004 B
tentang perencanaan bundaran. Dari hasil perhitungan analisa pada simpang
dapat dilihat nilai derajat kejenuhan simpang bersinyal lebih rendah dari nilai
derajat kejenuhan bundaran, maka dapat diketahui bahwa pada simpang jalan Ir.
H. Juanda - jalan Kadrie Oening - jalan A. Wahab Syahranie - jalan Letnan
Jend. Suprapto penggunaan simpang bersinyal (Traffic Light) masih lebih
efektif dari pada penggunaan Bundaran pada simpang tersebut
Keywords
Full Text:
pdfReferences
BPS (Badan Pusat Statistik Kota Samarinda), 2022
https://samarindakota.bps.go.id/pressrelease/2021/01/26/101/hasil-sensus-penduduk-2020.html
Direktorat Jenderal Bina Marga, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), tahun 1997.
Direktorat Jenderal Bina Marga, Pedoman perencanaan geometrik jalan kota/antar kota, tahun 1992.
Dirjen Bina Marga (2009) Prosedur Operasional Standar Survey Lalu Lintas, Departemen Pekerjaan
Umum, Jakarta.
Google Maps, 2023.
Morlok, Edward K. Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi. Erlangga : Jakarta. 1991.
Muhamad Fikri Tamam, Budi Arief, Andi Rahmah, 2016.
Pedoman Teknik Nomor 20 Tahun 2004 B.
RSNI No. RSNI T-14-2004, Geometri Jalan Perkotaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012