Perencanaan Tebal Tebal Perkesasan Kaku (rigid pavent) pada Ruas Jalan Pangeran Suryanata Kota Samarinda

AWAM WIDI HARTOMI

Abstract


Abstrak

Perkeraaan kaku (Rigid Pavement) adalah salah satu jenis perkerasan jalan disamping Perkerasan lentur (flexible pavement) dan Perkerasan Komposit, sering digunakan untuk jalan yang mendukung beban kendaraan berat serta sering terjadi genangan air. Oleh karena itu dalam merencanakan suatu konstruksi perkeraaan kaku (rigid pavement) diperlukan penelitian yang kompleks dan spesifik sehingga akan diperoleh perencanaan tebal perkerasan beton semen serta tulangan berupa Dowel dan Tie Bar yang mampu mendukung beban yang melintasi ruas jalan tersebut.

Lalulintas Jalan Pangeran Suryanata Kota Samarinda, adalah merupakan jalan arteri dengan jumlah kendaraan padat dan sering terjadi banjir, sehingga perlu dikerjakan dengan Perkeraaan kaku (Rigid Pavement).

Perencanaan Tebal Perkeraaan kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Pangeran Suryanata Kota Samarinda, hasilnya adalah sebagai berikut:

  1. Tebal perkerasan beton (rigid pavement) = 230 mm dengan mutu beton K-350.
  2. Dowel (Ruji) : Ø 32 mm, panjang 450 mm dengan jarak antar dowel= 300 mm.
    1. Tie Bar : Ø 16 mm, panjang 700 mm dengan jarak antar tie bar = 750 mm.
  3. 4.    Besar biaya pekerjaan perkerasan kaku (rigid pavement), adalah Rp 488.405,785.000,00 (Empat Ratus Delapan Puluh Delapan Milyar Empat Ratus lima Juta Tujuh Ratus Delapan Puluh Lima Ribu Rupiah)

Keywords


Perencanaan Perkerasan Jalan, Perkerasan Kaku (Rigid Pavement).

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012