PERHITUNGAN STRUKTUR BAJA BERTINGKAT DENGAN METODE LRFD PADA PROYEK RENCANA PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

NURSALIM WAHYU JULIANTO

Abstract


Filosofi dasar yang sering digunakan dalam perencanaan struktur baja adalah metode LRFD (Load Resistance and Factor Design). Metode ini didasarkan pada ilmu probabilitas, sehingga dapat mengantisipasi segala ketidakpastian dari material maupun beban.

Tujuan dari perhitungan ini adalah untuk merencanakan suatu bangunan portal struktur baja bertingkat gedung asrama dengan 6 (enam) lantai, yang stabil, cukup kuat, mampu layan, awet dan memenuhi tujuan lainnya seperti ekonomis dan kemudahan pelaksanaan.

Perhitungan menggunakan metode analisa Matriks dan juga metode LRFD untuk perhitungan struktur baja pada proyek rencana pembangunan gedung asrama Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan : (1) Balok menggunakan profil WF 400.200.8.13 (2) Kolom menggunakan profil WF 400.200.8.13 (3) Sambungan menggunakan Baut tipe A-325 dan pelat sambung berdiameter 8 mm (4) Pelat menggunakan sistem dek baja (compodeck).


Keywords


Metode LRFD, Struktur Baja

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012