ANALISA KINERJA RUAS JALAN K.H. M. KHALID DI SAMARINDA

WAHYU AGUNG KURNIAWAN

Abstract


Dalamtransportasi perkotaanseringdijumpaimasalahtentang perparkiranyang diakibatkan olehkendaraanyangparkirdibadanjalan(onStreetParking).Masalah tersebut   juga  dialami  di  Kota   Samarinda salah  satu  kota  yang  mengalami pertumbuhan ekonomidanpendudukyangsangatpesat.Sebagaisalahsatupusat perbelanjaan MallMesra Indahmemberikan tarikandanbangkitankendaraanyang cukuppadat.

 

Pengambilan datakendaraanparkirpadalokasistudidilakukan denganmetode pencatatan nomorplatkendaraanyangmasukdankeluarpadaruas jalan KH. M. Khalid Samarinda.Pengamatandilakukan  selama 7 hari dengan lama waktupengamatan perhari 7 jam(09.00-16.00). Analisisdatakarakteristikparkir meliputivolumeparkir,akumulasiparkir,durasiparkir,  turnoverparkir,indeks parkirdanoccupancyrate.

 

Berdasarkanhasilanalisisdiperolehakumulasiparkirmaksimumrata-ratarodadua

 

Terjadi pada hari senin sebesar 282kendaraan/hari danrodaempat58kendaraan/haridanakumulasirata-rata selamapenelitianuntukrodaduasebesar234kend/haridanuntukrodaempat sebesar 47kend/hari.Mayoritasdurasiparkirkurangdari1jam,dengandurasi parkirrata-ratauntukrodaduasebesar1,01jam/kendaraan danrodaempat1,61 jam/kendaraan dandurasirata-rataselamapenelitianuntukrodaduasebesar56.26menit=0.94jam/kenddanuntukrodaempatsebesar82.15menit=1.37jam/kend.

 

Turn Over maksimum terjadi pada hari raburodaduasebesar0.55kend/petakdanrodaempat0.75kend/petakdan turnoverparkirrata-rataselamapenelitianuntukrodaduasebesar0.52kend/petak dan roda

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012