EVALUASI KINERJA PERKERASAN JALAN DI KECAMATAN MUARA BADAK
Abstract
Jalan lingkungan di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan jalur
penghubung antara Desa yang memiliki jarak +28,446 km dan rata - rata lebar ruas jalan kurang
dari 6 m. Jika dilihat secara kasat mata kondisi jalan di Kecamatan Muara Badak kurang baik
melihat volume lalu lintas harian dan beban kendaraan yang melewati Jalan dapat di katakan
rendah. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan di cari tingkat kelayakan perkerasan jalan di
Kecamatan Muara Badak menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index).
Jenis-jenis0 kerusakan yang banyak dijumpai di lapangan yaitu aligator cracking 2,596%,
patching 1,445%, dan weathering ravelling 0,369% juga ada beberapa bagian yang mengalami
kerusakan depression 0,245%, edge cracking 0,035%, shoulder drop off 0,016% dan potholes
0,185%. Nilai kinerja perkerasan secara visual PCI didapatkan hasil nilai terendah berada pada
seksi 14 sebesar 18 dengan kategori very poor sedangkan rating tertinggi berada pada seksi 15
sebesar 79 dengan kondisi very good. Kerusakan yang didominasi oleh retakan tersebut terjadi
karena aspal telah mengalami lelah (fatique) sehingga tidak mampu lagi menahan beban kendaraan
yang melewatinya.
Keywords
Full Text:
pdfReferences
Adriadi, O. 2012. Evaluasi Kinerja Perkerasan Lentur Berdasarkan Nilai PCI dan
Lendutan Balik dengan Alat Benkelman Beam. Tugas Akhir. (Tidak Diterbitkan).
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Departemen Pekerjaan Umum. 2005. Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkerasan
Lentur dengan Metode Lendutan. Pd T-05-2005-B
Hardiyatmo, C.,H. 2015. Pemeliharaan Jalan Raya. 2nded. Gadjah Mada University
Press. Yogyakarta
Jamalurrusid, A., 2009. Sistem Manajemen Pemeliharaan Jalan Lingkungan di Kota
Probolinggo dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) (Doctoral dissertation,
Universitas Sebelas Maret).
Kanggunum, A. (2015). Evaluasi Kondisi Jalan untuk Keperluan Rehabilitasi dan
Pemeliharaan. Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret
Kota, D. P. J. (1990). Tata Cara Penyusunan Pemeliharaan Jalan Kota (No.
/T/BNKT/1990). Direktorat Jendral Bina Marga Departemen PU. Jakarta.
Kurniawan, R. (2015). Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan
Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI). Tugas Akhir.
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.
Mulyono, A. T. (2007). Model Monitoring dan Evaluasi Pemberlakuan Standar Mutu
Perkerasan Jalan Berbasis Pendekatan Sistemik. (Doctoral dissertation,
program Pascasarjana Universitas Diponegoro).
Sukirman, S. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova. Bandung
Suswandi, A., Sartono, W., & Hardiyatmo. (2009, November). Evaluasi Tingkat
Kerusakan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) untuk
Menunjang Pengambilan Keputusan. (Studi Kasus: Jalan Lingkar SeLatan,
Yogyakarta). Civil Engineering Forum Teknik Sipil Vol. 18. No.3.2009
Suroso, T. W. (2008). Faktor-faktor penyebab kerusakan dini pada perkerasan jalan.
Jurnal Jalan dan Jembatan, 25(3).
Standar Nasional Indonesia. 2011. Cara Uji Lendutan Perkerasan Lentur dengan Alat
Benkelman Beam. SNI 2416. Manggala Wanabakti. Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012