EVALUASI SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN WAHID HASYIM – JALAN H.M. ARDAN DI KOTA SAMARINDA

MUL YADI

Abstract


Persimpangan Jalan Wahid Hasyim – Jalan H.M Ardan, salah satu simpang tak bersinyal yang berada di Kota Samarinda merupakan ibu kota Kalimantan Timur. Titik persimpangan jalan ini merupakan outer ring road penghubung jalan ke daerah Utara kota Samarinda. Pada persimpangan jalan ini, khususnya di jalan utama atau mayor harus melayani arus lalu lintas yang cukup besar.

         Adapun tujuan skripsi ini adalah sebagai berikut :

  1. Menghitung kinerja simpang tak bersinyal pada persimpangan Jalan Wahid Hasyim – Jalan H.M Ardan.
  2. Mengetahui tingkat pelayanan (level of service/LOS) simpang tak bersinyal pada persimpangan Jalan Wahid Hasyim – Jalan H.M Ardan.
  3. Memprediksi tingkat pelayanan (level of service/LOS) simpang tak bersinyal pada persimpangan Jalan Wahid Hasyim – Jalan H.M Ardan kondisi 10 tahun yang akan datang

Dari hasil analisis dan perhitungan  pada perencanaan simpang tak bersinyal persimpangan pada Jalan Wahid Hasyim – Jalan H.M Ardan dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Perhitungan kinerja simpang tak bersinyal pada persimpangan Jalan Wahid Hasyim – Jalan H.M Ardan Kinerja simpang tak bersinyal mencakup : kapasitas, derajat kejenuhan dan peluang antrian adalah :
    1. Kondisi Awal Jam Puncak Kinerja lalu lintas persimpangan tak bersinyal = Volume kendaraan (Q):1739,8 smp/jam, Kapasitas (C):2638,722 smp/jam, Derajat Kejenuhan (DS): 0,66, Peluang Antrian : 57,96 %
    2. Kondisi Awal Volume Kendaraan Rata-rata Kinerja lalu lintas Persimpangan tak bersinyal = Volume kendaraan (Q): 1454,8 smp/jam, Kapasitas (C): 2638,72 smp/jam, Derajat Kejenuhan (DS):0,55,Peluang Antrian: 49,94 %
    3. Kondisi Jam Puncak dan Pelebaran kaki Persimpangan Untuk Kinerja lalu lintas = Volume kendaraan (Q):1739,8 smp/jam,Kapasitas (C):2754,8 smp/jam, Derajat Kejenuhan (DS): 0,63, Peluang Antrian : 55,95 %
    4. Kondisi Volume Kendaraan Rasta-rata dan Pelebaran kaki Persimpangan Untuk Kinerja lalu lintas=Volume kendaraan (Q):1454,800 smp/jam, Kapasitas (C): 3726,660 smp/jam, Derajat Kejenuhan (DS): 0,39, Peluang Antrian :36,91 %
  2. Tingkat pelayanan (level of service/LOS) simpang tak bersinyal pada persimpangan Jalan Wahid  Hasyim – Jalan H.M Ardan adalah :
    1. Kondisi Awal Jam Puncak didapat rasio v/c = 0,66< 0,85 mempunyai tingkat pelayanan (LOS) = C.
    2. Kondisi Awal Volume Kendaraan Rata-rata didapat rasio v/c = 0,55< 0,85 mempunyai tingkat pelayanan (LOS) = C.
    3. Kondisi Jam Puncak dan Pelebaran kaki Persimpangan didapat rasio v/c = 0,63< 0,85 mempunyai tingkat pelayanan (LOS) = C.
    4. Kondisi Volume Kendaraan Rata-rata dan Pelebaran kaki Persimpangan didapat rasio v/c = 0,39< 0,85 mempunyai tingkat pelayanan (LOS) = B.
  3. Prediksi tingkat pelayanan (level of service/LOS) simpang tak bersinyal pada persimpangan Jalan Wahid  Hasyim – Jalan H.M Ardan kondisi 10 tahun yang akan datang dengan tingkat pertumbuhan kendaraan sebesar 15,9 % adalah katagori tingkat pelayanan (LOS) = F

Keywords


Kinerja lalu lintas, Tingkat Pelayanan (LOS) Simpang Tak Bersinyal

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012