ANALISA RENCANA CAMPURAN ASPAL LAPIS AUS PERMUKAAN AC – WC DENGAN MENGGUNAKAN MATERIAL EX. KRAYAN

FAU ZIAH

Abstract


Untuk menghasilkan suatu campuran aspal panas yang berkualitas perlu diadakan pemeriksaan terhadap bahan – bahan penyusun campuran tersebut. Sehingga untuk mendapatkan sifat yang diinginkan maka perlu dilakukan perencanaan campuran untuk mendapatkan persentase agregat dan aspal yang digunakan. Dalam melakukan perencanaan campuran diperlukan data karakteristik dari bahan penyusun agar diperoleh hasil komposisi yang tepat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perencanaan campuran aspal dengan menggunakan material ex. Krayan dapat digunakan untuk Lapis Aus Permukaan AC – WC (Asphalt Concrete – Wearing Course)

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap campuran aspal beton di laboratorium, maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan campuran aspal dengan menggunakan material ex. Krayan dapat digunakan untuk Lapis Perkerasan AC – WC (Asphalt Concrete – Wearing Course) karena telah memenuhi syarat spesifikasi dengan nilai untuk pengujian Keausan Agregat minimum 40% dengan hasil pengujian sebesar 30,42%. Sedangkan dari pengujian Marshall diperoleh grafik parameter campuran aspal AC – WC dan didapat kadar aspal optimum sebesar 5,3%. Untuk pengujian Marshall Immersion didapat nilai stabilitas sisa Marshall setelah perendaman selama 24 jam pada suhu 60°C sebesar 100,571% dan telah memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan yaitu minimum 90%.


Keywords


Material ex. Krayan, Campuran aspal, Lapis Aus Permukaan AC – WC

Full Text:

Untitled doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012