PERBANDINGAN ANTARA KONTRAK TAHUN TUNGGAL DAN KONTRAK TAHUN JAMAK

FERRY FATHONI

Abstract


Dalam sebuah proyek konstruksi diperlukan adanya sebuah ikatan kerja antara pengguna jasa dengan penyedia jasa yang digunakan sebagai dasar hukum, berbentuk kontrak konstruksi. Pada umumnya kontrak konstruksi berisi tentang pembagian hak dan kewajiban diantara keduanya.

Salah satu dari kontrak tersebut adalah kontrak pengadaan barang dan jasa berdasarkan pembebanan tahun anggarannya terdiri dari Kontrak tahun tunggal merupakan kontrak pelaksanaan pekerjaannya mengikat dana anggaran dana selama masa 1 ( satu ) tahun anggaran sedangkan kontrak tahun jamak merupakan kontrak pelaksanaan pekerjaannya untuk masa lebih dari 1 ( satu ) tahun anggaran atas beban anggaran.Kontrak tahun jamak pada pemerintah daerah disetujui oleh kepala daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang dimaksud dengan ketentuan peraturan perundang – undangan adalah peraturan perundangan – undangan pemerintah daerah, keuangan daerah dan sebagainya. Proses menganalisa kemungkinan risiko dapat menggunakan kontrak tahun tunggal dan kontrak tahun jamak”. Tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan identifikasi perbandingannya dengan kontrak kontrak tersebut.

Proses penelitian dilakukan dengan cara melakukan survey. Rangkaian analisis dimulai dengan menyebarkan kuisoner ke Owner, Kontraktor dan konsultan serta melalui studi literatur, setelah itu dilakukan analisis tersebut kita dapat membandingakan kontrak tahun tunggal dan kontrak tahun jamak.

Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa analisis internal dan eksternal kontrak tahun tunggal  dapat diperoleh kekuatan kontrak tahun tunggal berada di nilai 6,84 yang menjadi strategi kekuatan yang  baik pada kontrak tahun tunggal karena kelemahan berada di nilai 5,96 sedangkan nilai peluang berada di 4,44 dan nilai ancaman berada di 2,45. Berdasarkan analisis internal dan eksternal kontrak tahun Jamak  diperoleh kekuatan kontrak tahun jamak berada di nilai 11,24 yang menjadi strategi kekuatan yang  baik pada kontrak tahun tunggal karena kelemahan berada di nilai 5,02 sedangkan nilai peluang berada di 4,20 dan nilai ancaman berada di 1,93.

Berdasarkan matriks SWOT maka dapat disimpulkan beberapa pengembangan melalui pertimbangan factor internal dan eksternal Kontrak Tahun Tunggal dan Kontrak Tahun Jamak yang bermanfaat bagi kemajuan suatu kontrak pada perusahaan yang ingin memperoleh pekerjaan.

Keuntungan Kontrak Tahun Jamak adalah waktu yang dikerjakan sangat panjang dibandingkan dengan kontrak tahun tunggal dan kontrak tahun jamak biaya anggarannya sangat besar

Keywords


Kontrak Tahun Tunggal, Kontrak Tahun Jamak

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012