PERHITUNGAN GEOMETRIK, TEBAL PERKERASAN KAKU DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA RUAS JALAN MANGKURAWANG – RAPAK LAMBUR KECAMATAN TENGGARONG

SOLICHIN AKBAR

Abstract


Geometrik jalan merupakan suatu perencanaan route dari suatu ruas jalan secara lengkap. Secara umum menyangkut aspek-aspek perencanaan elemen jalan seperti lebar jalan, tikungan, kelandaian jalan, dan jarak pandangan. Dalam perhitungan geometrik jalan diperlukan data-data pendukung yang diperoleh dari hasil penelitian diantaranya peta topografi, penampang memanjang as jalan rencana, penampang melintang, jumlah komposisi lalu lintas (LHR), data CBR (California Bearing Ratio).

Perkerasan beton semen adalah struktur yang terdiri atas pelat beton semen. Sifat, daya dukung dan keseragaman tanah dasar sangat mempengaruhi keawetan dan kekuatan perkerasan beton semen. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah kadar air pemadatan, kepadatan dan perubahan kadar air selama masa pelayanan. Pelat beton semen mempunyai sifat yang cukup kaku serta dapat menyebarkan beban pada bidang yang luas dan menghasilkan tegangan yang rendah pada lapisan-lapisan di bawahnya. Dalam perhitungan tebal perkerasan data utama yang diperlukan adalah volume lalu lintas. Umumnya perkerasan beton semen dapat direncanakan dengan umur rencana 20 tahun sampai 40 tahun.


Keywords


penampang memanjang, penampang melintang, kelandaian jalan, beton, volume lalu lintas, umur rencana. 

Full Text:

Doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012