PERHITUNGAN STRUKTUR BANGUNAN ATAS JEMBATAN BATU AYAU 4 DESA LONG PAHANGAI KABUPATEN KUTAI BARAT

CINCIN PERTIWI

Abstract


Jembatan secara umum adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintanganrintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, danau, saluran irigasi, jalan kereta api, jalan raya yang melintang tidak sebidang, dan lain sebagainya.

Jembatan komposit adalah jembatan yang kekuatannya ditahan oleh interaksi antara dua atau lebih bahan yang digunakan sebagai penyusunnya. Pada jembatan komposit sering dipakai paduan dua bahan yaitu baja sebagai balok gelagarnya dan beton sebagai plat lantai kendaraannya. Namun demikian ada pula yang menggunanakan bahan selain itu, misalnya beton biasa dengan beton prategang. Agar kedua bahan yang berlainan tersebut dapat saling bekerja sama secara padu maka antara keduanya disambungkan dengan suatu penghubung geser atau yang sering disebut dengan shear connector. Shear connector memiliki fungsi utama memikul beban geser yang timbul pada bidang kontak (bidang pertemuan) kedua material tersebut sehingga pada keadaan komposit kedua material tersebut dapat bekerja sama sebagai satu kesatuan.

Sebelum  melakukan  analisis  perhitungan struktur bangunan atas jembatan, perencana terlebih dahulu harus dapat mengetahui beban-beban yang bekerja pada jembatan yang akan direncanakan dan menyesuaikan dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Dalam perhitungan struktur bangunan atas jembatan ini digunakan peraturan jembatan (RSNI T-02-2005).


Keywords


jembatan, jembatan komposit, baja, beton, shear connector.

Full Text:

Doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012