PERENCANAAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR BERSIH PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SAMARINDA SEBERANG

VIVA OKTAVIANI HERI PURNOMO

Abstract


Pada tahun 2008 Pemerintah Kalimantan Timur bermaksud akan mengadakan kegiatan Pekan Olahraga Nasional ke XVII yang akan diselenggarakan di Kota Samarinda tepatnya di wilayah Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran, dimana dalam pelaksanaan PON XVII nantinya akan sangat membutuhkan pasokan air bersih untuk kebutuhan di stadion dan di perumahan atlit. Begitu pula dengan Kecamatan Samarinda Seberang yang nantinya akan menjadi wilayah berkembang sesuai dengan arah perkembangan tata ruang wilayah Kota Samarinda dimana pasokan air bersih sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan penduduk diwilayah tersebut. Dengan alasan diatas maka penulisan ini dilakukan guna meneliti kemungkinan nilai kurang dan nilai tambahnya melalui suatu desain Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Bersih dengan memanfaatkan sebesar-besarnya potensi dan sumber daya alam di daerah, sehingga akan tercapai suatu rancang bangun instalasi pengolahan air bersih yang berteknologi sederhana namun tepat guna, lebih murah dengan memanfaatkan sebagian besar potensi alam di daerah setempat, mudah mengoperasikannya, effisien dan cocok untuk kondisi di daerah. Dengan ketentuan yang mengacu pada SK SNI 03-6774-2007 dan PERPAMSI maka penulis mengharapkan mendapatkan hasil dimensi ruang bak proses pengolahan dan dapat menjelaskan proses pengolahan masing-masing bak.     


Keywords


Pengolahan Sistem Gravitasi

Full Text:

doc

References


Anonim. Study Feasibility Peningkatan Kapasitas PDAM Kota Samarinda. Archeas. Desember 2004.

Badan Standarisasi Nasional. SNI 03 6774 2007 “Tata Cara Perencanaan Unit Paket Instalasi Pengolahan Air” BSN. 2007.

Giles, Soemitro. Mekanika Fluida dan Hidraulika. Erlangga. Jakarta Pusat. 1986.

Kodoatie. Hidraulika Terapan “Aliran Pada Saluran Terbuka Dan Pipa”. Andi Yogyakarta. 6 Februari 2001.

Krist, Ginting. Hidraulika. Erlangga. Jakarta. 1991.

Raswari. Sistem Perpipaan “Perencanaan dan Penggambaran”. Universitas Indonesia 1987.

Soedradjat. Mekanika Fluida dan Hidrolika. Nova. Bandung. 1983.

Sutrisno, Suciastuti. Teknologi Penyediaan Air Bersih. Rineka Cipta. Jakarta. Juli 2004.

Tirta Dharma. Draft Peraturan Teknis”Aerasi”. Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia. 2002.

Tirta Dharma. Draft Peraturan Teknis “Filtrasi” (Perencanaan, Operasional dan Perawatan Filter)”. Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia. 2002.

Tirta Dharma. Draft Peraturan Teknis “Filtrasi” (Dasar dan Prinsip)”. Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia. 2002.

Tirta Dharma. Draft Peraturan Teknis “Proses Koagulasi-Flokulasi di IPA”. Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia. 2002.

Tirta Dharma. Draft Peraturan Teknis “Sedimentasi”. Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia. 2002.

Tirta Dharma. Draft Peraturan Teknis “Sumber Air dan Kualitas Air”. Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia. 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.