Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Kinerja Ruas Jalan Pada Jalan Lambung Mangkurat
Abstract
Bagi pengemudi kendaraan, kemacetan akan menimbulkan ketegangan. Selain itu juga akan menimbulkan dampak negatif ditinjau dari segi ekonomi berupa kehilangan waktu karena waktu perjalanan yang lama serta bertambahnya biaya operasi kendaraan.Akhirnya timbul pula dampak negatif terhadap lingkungan yang berupa peningkatan polusi udara serta peningkatan gangguan suara kendaraan. Kondisi seperti yang disebutkan di atas berlangsung setiap hari terulama.pada saat jam puncak hari kerja di beberapa ruas jalan yang ada di Samarinda.
Dari hasil evaluasi pada salah satu ruas jalan di Samarinda yaitu Jalan Lambung Mangkurat diperoleh volume lalu lintas tertinggi pada Hari selasa terjadinya jam puncak pada pukul 12.00-13.00 dengan jumlah kendaraan 1468.15 smp/jam, nilai kapasitas (C) = 3235 smp/jam, dan Derajat Kejenuhan (DS) tertinggi sebesar 0.45 dengan Tingkat pelayanan jalan pada level B
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan umum RI, 1997. Manual
Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta.
Leksmono, P,2008, Rekayasa Lalu Lintas,Indeks, Jakarta
Menten Perhubungan RI, 2006, Peraturan Menteri perhubungan Nomor KM 14
Tahun 2006 tentang Manajemen dan Rekayasa LaIu lintas Di Jalan. http:
www.hubdat.web.id/peraturan/km14tahun 2006.pdf
Munawar ,A,2006. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Beta offset, Yogyakarta.
Sukirman Silvia, 1994. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Nova, Bandung
Warpani, S, 1990, Merencanakan Sistem Perangkutan,ITB, Bandung
Tamin, OZ, 2044, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, ITB, Bandung
DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v5i1.2647
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 KURVA S
Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390