ALTERNATIF PERENCANAAN JALAN BETON SEMEN (RIGID PAVENMENT) DI JALAN YOS SUDARSO KOTA SAMARINDA

ZULFAN SYAHPUTRA

Abstract


Berdasarkan pengamatan terhadap aktifitas transportasi di jalan Yos Sudarso di muka pelabuhan Samarinda dimana padatnya lalu lintas agkutan barang dengan kendaaraan yang beroperasi adalah dengan muatan yang melebihi kapasitas jalan dan mengakibatkan tingkat kerusakan jalan yang lebih tinggi. Melihat kondisi yang ada, penulis merasa tidak efisien jika menggunakan perkerasan jalan dengan perkerasan lentur (Flexible Pevement).

      Dari pengamatan dan penelitian yang telah dilakukan, penulis mengambil kesimpulan bahwa pengguna Perkerasan jalan beton bemen (Rigid Pavement) bersambung tanpa tulangan cocok dipakai sebagai solusi mengganti jalan yang sudah ada dengan mempertimbangkan sering terjadinya banjir dan pengerjaan jalan dengan type perkerasan beton semen tanpa tulangan dimana pelaksanaannya dilapagan relative singkat dibandingkan jenis perkerasan beton semen yang lain biaya konstruksinya pun lebih murah.

Keywords


Perkerasan Lentur (Flexible Pevement)

Full Text:

doc

References


Direktorat Jendral Bina Marga, Direktorat Pembinaan Kota. 1991. Tata Cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement)

Direktorat Jendral Bina Marga, Direktorat Pembinaan Kota. 1990. Tata Cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement)

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. 203. Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003)

Hhtp://www.untarconstruction.com

Manual Kapasitas Indonesia. 1997

Pelaksanaan Pekerjaan Beton Untuk Jalan dan Jembatan (Pd.T-07-2005-B)

PT. Karya Serasi Utama. 2009, Daftra Kuantitas Harga Satuan

Sofwan Badri. 1997. Dasar-dasar Network Planning. Rineka Cipta. Jakarta

Suryawan Ari. 2009. Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). Beta Offset, Yogyakarta

Wignal Arthur, Kendrick S Peter, Ancill Roy, Copson Malcom. Edisi ke-4. Proyek Jalan. Erlangga. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.