PERKEMBANGAN BENTUK RUMAH ATAS AIR KAMPUNG MARGASARI BALIKPAPAN

PRA SETYO

Abstract


Wilayah Margasari termasuk di zona penyangga ke perbatasan di daerah kilang dan termasuk di wilayah pesisir yang pasti laut pasang. daerah kampung Margasari banyak pemukiman padat dihuni oleh masyarakat sebagai pedagang. Pada tahun 1992 ketika RT 29 dan RT 30 telah terkena api, pemerintah melakukan pemukiman kembali dengan rencana klaster terbiasa. Mereka membuat rumah cluster dengan sama tanah air volume untuk semua tipe rumah. Tipe rumah klaster adalah tipe 21, tipe 36 dan tipe 70. Tipe 21 adalah yang paling rumah di Kampung Margasari dengan sampel rumah untuk mengembangkan perumahan adalah tipe 36 Dan Jenis 70. Dan pada tahun 2005 ketika RT 1-RT12, RT 15 dan RT 28 telah terkena api, pemerintah harus membantu untuk peta volume tanah air dan memberikan bahan bangunan tetapi pemerintah tidak membantu untuk membangun rumah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dan pengumpulan data deskriptif metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan untuk mengambil data dari literatur bahwa pemerintah daerah dan wawancara mendalam dengan responden. Sementara metode kuantitatif adalah metode pengumpulan data dalam kuesioner bahwa responden akan diproses dengan alat SPSS dan data diproses akan dijelaskan secara deskriptif. Dalam satu waktu, Margasari desa air memiliki mengembangkan rumah mereka selama tata letak dan desain rumah berdasarkan kebutuhan kegiatan ruang dan rumah dengan bahan-bahan baru untuk waktu yang lama untuk menggunakan tetapi masih menggunakan konstruksi tua dengan konstruksi kayu di atas air tanah.

Keywords


pengembangan bentuk rumah, rumah di atas air, pemukiman kembali

Full Text:

doc

References


Buku Profile Kampung Margasari, 2013, Kelurahan Margasari

Ching, Francis D.K.(2000), Arsitektur : Bentuk, Ruang dan Tatanan, Jakarta Penerbit Airlangga.

Habraken, N. (1980). Design for Adaptabillity, Change and User Participation dalam Tipple A. Graham, 1991, Self Help Transformation of Low Cost Housing A Introductory Study. UK: CARDO, University of Newcastle Upon tyne.

Habraken. (1982). Transformation of the site. Atwater Press.

Hapsari, Amierul dan Syahbana, Joesron Alie. (2013). Pergeseran Fungsi Rumah di Kampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.