PERENCANAAN JALAN TERMINAL LAMA MENUJU JALAN SEPAKAT SANGATA KABUPATEN KUTAI TIMUR

ROSA AGUSTANIAH ZONY YULFADLI

Abstract


Sebagaimana diketahui jalan merupakan prasarana yang sangat penting untuk menghubungkan antara daerah satu dengan daerah yang lain melalui transportasi darat. Selain untuk kepentingan ekonomi, pembangunan jalan sangat penting pula bagi proses penghubungan antar daerah satu dan lainnya untuk kepentingan pemerintahan, pertukaran kebudayaan dan lain sebagainya.

Berdasarkan hasil pengamatan didapatlah panjang optimal jalan terminal lama - sepakat dengan panjang 1750 m dengan 6 lengkung horizontal dimana merupakan lengkung yang sudah di sesuaikan dengan standar yang 1 lengkung diantaranya menggunakan metode Spiral Circle Spiral ( SCS ) dan yang lainnya menggunakan lengkung Full Circle ( FC ). Pada geometik jalan sebaiknya di lihat juga dari segi kenyamanan mengendara yang mengacu pada peraturan jalan raya yang telah ditetapkan, agar dapat di pergunakan sesuai dengan standar perencanaan.


Keywords


Metode Spiral Circle Spiral ( SCS )

Full Text:

doc

References


Alamsyah Ansori Alik, Rekayasa Jalan Raya, edisi Revisi2006 Malang.

Direktorat Jenderal Bina Marga,PU Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota,1997.

Dirjen Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum , Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Leitur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen, Penerbit Yayasan Badan Penerbit PU, Jakarta 1987.

Hendarsin L Shirley,Perencanaan Teknik Jalan Raya, Politeknik Negeri Bandung,2000.

Modul Pelatihan Perencanaan Geometrik Jalan Raya, Perancang Adinusa

Suprapto Tm,lr, Bahan dan Struktur Jalan Raya, Biro penerbit Universitas Gajah

mada tekhnik sipil, Yogyakarta.20O4.

Sukiman Siivia, Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan, NOVA Bandung 1999.

tabet Konstusi Jatan Raya, Penerbit Yustadi, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.