Perencanaan Perbaikan Jalan Pada Ruas Jalan Santan – Bontang

Purwanto Purwanto

Abstract


Dalam perkerjaan perbaikan suatu perkerasan, maka dikenal istilah-istilah pemeliharaan dan rehabilitasi yang artinya berbeda. Batasan-batasan yang membedakan kedua istilah tersebut tidak sama antara lembaga yang satu dengan yang lain. Kontruksi perkerasan jalan mulai dari tanah dasar, lapis pondasi dan perkerasan aspal bila dirancang dengan metode yang benar, akan memberikan umur pelayanan sesuai dengan yang direncanakan. Penelitian ini didasarkan analisis perencanaan perbaikan jalan pada ruas jalan Santan-Bontang. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan tingkat kerusakan terdapat over load yaitu di bawah spesifikasi 1,00 mm dari lalu lintas yang melintasi ruas jalan Santan-Bontang dan tebal perkerasan jalan raya dengan metode analisa komponen hasil perhitungannya adalah ITPada > ITPrencana. Hasil analisa dan perhitungan Road Condition Indeks (RCI) di dapat hasil tabel lapis perkerasan aspal ACWC adalah 5,00 cm. Rencana perbaikannya adalah membongkar, menggali dan mengganti material yang jelek dan rusak sesuai hasil uji dan segera dilakukan penutupan kembali serta lapis aspal yang rusak segera di lakukan pekerjaan tambal sulam (paching).


Keywords


Perbaikan jalan pada ruas jalan Santan-Bontang, rehabilitas jalan, kondisi dan lingkungan jalan.

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2005, Teknik Bahan Perkerasan Jalan, Seri Pemeliharaan Jalan Kabupaten, Penerbit Balai Bahan dan Perkerasan Jalan, Puslitbang Prasarana Transportasi, Bandung.

Anonim, 2005, Teknik Evaluasi Perkerasan Lentur, Seri Pemeliharaan Jalan Kabupaten, Penerbit Balai Bahan dan Perkerasan Jalan, Puslitbang Prasarana Transportasi, Bandung

Asyianto, 2008, Metode Konstruksi Proyek Jalan, Penerbit Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Anonim, 1987, Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen, Departemen Pekerjaan Umum.

Cristady Hardiyatno, Harry, 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Penerbit Gajah Mada University Press.

Sasmoko Adi, Ari, 2007, Diktat Mata Kuliah Teknologi Bahan Jalan, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Sunggono, Ir, 1995, Buku Teknik Sipil, Penerbit Nova, Bandung

Sukirman Silvia, 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v5i2.2891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KURVA S

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390