Analisa Persentase Penambahan Fly Ash dan Bottom Ash Pada Campuran Beton Dalam Pembuatan Paving Block
Abstract
Bata beton atau disebut juga paving block adalah suatu komposisi bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis lainnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu beton. Penggunaan material lokal yang memenuhi syarat sangatlah sulit didapat sehingga didatangkan dari luar Kalimantan Timur yaitu dari Palu. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dalam campuran beton pada pembuatan paving block dengan menggunakan bahan tambah fly ash dan bottom ash.
Hasil uji dengan menggunakan bahan tambah fly ash dapat meningkatkan mutu beton sesuai persyaratan dalam pembuatan paving block, penggunaan fly ash dengan persentase 2 % kuat tekan rata-rata 53,95- MPa, persentase 3 % kuat tekan rata-rata 79,559 Mpa, persentase 4 % kuat tekan rata-rata 81,396 MPa, persentase 5 % kuat tekan rata-rata 85,720 MPa, persentase 6 % kuat tekan rata-rata 50,406 MPa. dan persentase tambah fly ash 7 % kuat tekan rata-rata 42,277 Mpa. Bahan tambah dengan menggunakan bottom ash hanya pada penambahan 2 % memenuhi Mutu D hanya dapat digunakan untuk Taman dengan kategori tidak memikul beban.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dasta, Warung Genteng dan Baja Ringan, www.dastagenteng.com/produk-kami/asesories/paving-block-press-hidrolic-0, di Upload tanggal 06-06-2017
ASTM C618-94a,1994, Standart Test methods for Coal Fly Ash and Raw or Calcined Natural Pozzolan for use as A Mineral Amixture in Porland Cement Concrete, USA
Nanshi, Lia, 2007, Definisi Bottom Ash, http://artikel-limbah.blogspot.co.id/2007/04/definisi-bottom-ash.html.
Haryanti, Ninis H, 2014, Uji Abu Terbang PLTU Asam Asam Sebagai bahan Pembuatan Bata Ringan, Program Studi Fisika, Universitas Lambung Mangkurat, Jurnal Fisika Flux, Vol. 11 N0. 2, Agustus 2014 Hal. 124 - 139
SNI 03-0691-1996, Bata Beton (Paving Block), Standar Nasional Indonesia, Badan Standar Nasional, ICS 91.100.30, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v5i2.2892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 KURVA S
Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390