Studi Deskripsi Arsitektur Ramah Lingkungan Pada Sekolah SDN 020 Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang
Prasetyo Prasetyo
Abstract
Konsep Arsitektur Ramah Lingkungan secara umum diartikan sebagai konsepsi meminimalisasi efek rumah kaca, menata ruang dengan pertimbangan penghawaan alami dan material ramah lingkungan seperti baja ringan, batu sikat dan semen instan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Konsep Arsitektur Ramah Lingkungan pada bangunan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaturan pengggunaan lahan sangat menentukan bagaimana memberikan antisipasi terhadap respon negative untuk bangunan dan lingkungannya. (2) Peningkatan kesehatan untuk warga sekolah dengan situasi lingkungan yang ada sekarang, juga bagaimana memproses sampah sekitar supaya tetap bersih dan sehat.
Keywords
pengaturan penggunaan lahan, respon lingkungan
References
Nur Latifah Hidayatun, (2016), “Studi
Deskripsi Pelaksanaan Program
Adiwiyata di SD Muhamadiyah
Tonggalan Klaten” Jurnal Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Edisi 20 Tahun
ke-5. 2016. Hlm.1.945-1.958
Rakerwil Majelis Lingkungan Hidup
Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
Jawa Tengah Semarang, 29 Oktober
, “Konsep Sekolah Ramah
Lingkungan”
DOI:
https://doi.org/10.31293/teknikd.v6i1.4181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 KURVA S
Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390