Studi Deskripsi Arsitektur Ramah Lingkungan Pada Sekolah SDN 020 Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang

Prasetyo Prasetyo

Abstract


Konsep Arsitektur Ramah Lingkungan secara umum diartikan sebagai konsepsi meminimalisasi efek rumah kaca, menata ruang dengan pertimbangan penghawaan alami dan material ramah lingkungan seperti baja ringan, batu sikat dan semen instan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Konsep Arsitektur Ramah Lingkungan pada bangunan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaturan pengggunaan lahan sangat menentukan bagaimana memberikan antisipasi terhadap respon negative untuk bangunan dan lingkungannya. (2) Peningkatan kesehatan untuk warga sekolah dengan situasi lingkungan yang ada sekarang, juga bagaimana memproses sampah sekitar supaya tetap bersih dan sehat.

Keywords


pengaturan penggunaan lahan, respon lingkungan

Full Text:

PDF

References


Nur Latifah Hidayatun, (2016), “Studi

Deskripsi Pelaksanaan Program

Adiwiyata di SD Muhamadiyah

Tonggalan Klaten” Jurnal Pendidikan

Guru Sekolah Dasar Edisi 20 Tahun

ke-5. 2016. Hlm.1.945-1.958

Rakerwil Majelis Lingkungan Hidup

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah

Jawa Tengah Semarang, 29 Oktober

, “Konsep Sekolah Ramah

Lingkungan”




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v6i1.4181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KURVA S

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390