Evaluasi Kinerja Putar Balik (U-Turn) Terhadap Arah Arus Lalu Lintas Pada Jalan Letjen Suprapto di Kota Samarinda

Musrifah Tohir, Purwanto Purwanto

Abstract


Fasilitas putaran balik arah (U-Turn) pada jalan Letjen Suprapto di Kota Samarinda merupakan fasilitas untuk berputar arah bagi kendaraan yang ingin melakukan putar balik atau sebagai fasilitas untuk kendaraan menyeberang menuju jaringan jalan lainnya, namun fasilitas ini akan menimbulkan masalah-masalah lainnya dalam bentuk hambatan yang di sebabkan oleh kendaraan yang ingin menggunakan fasilitas putar balik.penelitian ini mempelajari tentang Volume Lalu Lintas, Analisa jarak kendaraan dengan kendaraan lainnya,waktu kendaraan bermanuver, dan Analisa putaran balik arah. Lokasi yang di amati pada ruas Jalan Empat lajur dua arah terbagi (4/D). yaitu putaran di depan jalan Anggur persimpangan jalan Lai, Kota Samarinda.


Keywords


Putaran balik,Volume Lalu Lintas, Analisa Jarak, dan Analisa putaran Balik arah.

Full Text:

PDF

References


Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 97), Direktorat Jendral Bina Marga, Dapartemen Pekerjaan Umum.

Tamin, O.Z.,(2003) Perencanaan dan Permodelan Transportasi.

Erick A. Purba, Joni Harianto Pengaruh Gerak U-Turn Pada bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di ruas Jalan Kota (Studi Kasus :JL. Sisingamangaraja Medan), Departemen Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara,JL Perpustakaan No.1 Kampus USU Medan

Muhammad kasan, Mashuri, Hilda Listiawati Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus lalu lintas di Ruas Jalan Kota Palu (Studi Kasus JL. MOH Yamin Palu)




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v1i1.4453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KURVA S

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390