Studi Deskripsi Konsep Arsitektur Ramah Lingkungan Pada Sekolah SDN 020 Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang

Prasetyo Prasetyo

Abstract


Konsep Arsitektur Ramah Lingkungan secara umum diartikan sebagai konsepsi memineralisasi efek rumah kaca, menata ruang dengan pertimbangan penghawaan alami dan material ramah lingkungan seperti baja ringan, batu sikat dan semen instan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Konsep Arsitektur Ramah Lingkungan pada bangunan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaturan penggunaan lahan sangat menentukan bagaimana memberikan antisipasi terhadap respons negatif untuk bangunan dan lingkungannya. (2) Peningkatan kesehatan untuk warga sekolah dengan situasi lingkungan yang ada sekarang, juga bagaimana memproses sampah sekitar supaya tetap bersih dan sehat.

Keywords


pengaturan penggunaan lahan; Respon lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Nur Latifah Hidayatun, (2016), “Studi Deskripsi Pelaksanaan Program Adiwiyata di SD Muhamadiyah Tonggalan Klaten” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 20 Tahun ke-5. 2016. Hlm.1.945-1.958

Rakerwil Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Semarang, 29 Oktober 2016, “Konsep Sekolah Ramah Lingkungan”




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v8i1.6210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390