Sistem transportasi jaringan jalan terkoneksi menuju kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Rosa Agustaniah, Habir Habir, Robby Marzuki, Purwanto Purwanto

Abstract


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan keputusan presiden (Keppres) mengenai penetapan pemindahan ibu kota ke Nusantara. Hal itu tertuang dalam UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Berdasarkan kriteria penentuan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, maka perlu kesiapan sistem transportasi jaringan jalan terkoneksi menuju kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara antar koridor kota-kota penyangga. Pengembangan jaringan jalan ibukota Negara baru yang mencakup aspek penyesuaian dengan arah tata guna lahan di kawasan IKN.

Keywords


sistem transportasi; jaringan jalan; koridor jalan; IKN

Full Text:

PDF

References


Agus Taufik Mulyono (2021) Sistem Transportasi Cerdas Di Ibu Kota Negara (IKN), Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI)

Anas, R., Tamin, O. Z., & Wibowo, S. S. (2015). Applying input-output model to estimate the broader economic benefits of Cipularang Tollroad Investment to Bandung District. Procedia Engineering. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2015.11.042

Azis, R., & Asrul. (2014). Pengantar Sistem dan Perencanaan Transportasi. Yogyakarta: Deepublish.

Badan Pusat Statistik Daerah. (2020). Kalimantan Timur Dalam Angka. Provinsi Kalimantan Timur.

Badan Pusat Statistik Nasional. (2019). Statistik Indonesia Tahun 2019. Jakarta

Black, J.A. (1981), Urban Transport Planning: Theory and Practice. Cromm Helm, London.

https://news.detik.com/berita/d-5950676/jakarta-masih-ibu-kota-sampai-jokowi-terbitkan-keppres-ikn-nusantara

Isnaeni, M., Lubis, HAS (2000), Efek Lingkungan Interaksi Transportasi dan Tata Ruang Kota, Simposium III FSTPT, Yogyakarta

Ortuzar, J.D. and Willumsen, L.G., (2001). Modelling Transport. John Wiley and Sons Ltd., England.

Paparan Kajian Pemindahan Ibu Kota Negara, (2019), Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Dialog Nasional Rancang Bangun dan Kesiapan Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Negara.

Peraturan Daerah Provinsi KalimantanTimur Nomor 1 (2016), Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2016-2036

Profil Jalan Nasional (2019), IRMS Provinsi Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Samin AN, Chairul, Mukhtar E. (2016). Analisis vegetasi tumbuhan pantai pada Kawasan Wisata Pasir Jambak, Kota Padang. Biocelebes. 10 (2): 32- 42

Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR dan Tim perencana (2021) Urban Desain Development KIPP. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Statistik Untuk Pendidikan. In Statistika Untuk Penelitian.

Sulistyorini, Rahayu. 2010. Estimasi Parameter Model Kombinasi Sebaran Pergerakan dan Pemilihan Moda Dalam Kondisi Pernbebanan Keseimbangan. Disertasi Doktor. Institut Teknologi Bandung.

Tamin, O. Z. (1997). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua. In Perencanaan dan pemodelan transportasi.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. In Perencanaan dan pemodelan transportasi

Tim Sekretariat Satgas Balitbang (2019), Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara Smart And Eco Friendly Transportation System, Kementerian Perhubungan-Republik Indonesia

Webbinar (2021), Sistem Transportasi Cerdas IKN : Pembangunan dan Kebutuhan Penerapanya, Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara, Kementerian PPN/Bappenas Mei 2021

World Bank (1995), Sustainable Transport : Priority for Policy Reform, World Bank Publication, Washington




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v10i3.6845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390